PENGARUH LAYANAN INFORMASI KARIER TERHADAP KEMAMPUAN MERENCANAKAN STUDI LANJUT SISWA DI SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI

Saputri, Ajeng Dwi Saputri (2023) PENGARUH LAYANAN INFORMASI KARIER TERHADAP KEMAMPUAN MERENCANAKAN STUDI LANJUT SISWA DI SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (366kB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (318kB)
[img] Text
Skripsi Full Ajeng Dwi Saputri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Judul Skripsi : Pengaruh Layanan Informasi Karier Terhadap Kemampuan Merencanakan Studi Lanjut Siswa Di SMP Negeri 22 Kota Jambi Nama` : Ajeng Dwi Saputri NIM : A1E116073 Pembimbing I: Drs. Nelyahardi, M.Pd Pembimbing II: Affan Yusra, S,Pd., M.Pd Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 22 Kota Jambi dengan Guru BK pada 22 April bahwa, pada kelas IX siswa sudah mengetahui pengertian studi lanjut dan macam jurusan yang ada didalamnya namun kedalaman dalam pengetahuan dan pemahaman mereka tidak semua sama. Sama halnya dalam kemampuan merencanakan studi lanjut, tidak semua siswa mampu dalam merencanakan studi lanjutnya. Karena banyaknya faktor yang mempengaruhinya, yaitu teman sebaya, orang tua. Siswa yang masih ragu dan tidak mengetahui rencana akan dimana melanjutkan studi lanjutnya banyak memilih ikutikutan teman sebayanya. Orang tua juga menjadi faktor siswa dalam merencanakan studi lanjutnya, adanya perbedaan pendapat dan kemauan orang tua yang harus dituruti oleh anak dalam merencanakan studi lanjutnya yang mengakibatkan rencana studi lanjut siswa tidak tercapai karena siswa tersebut belum bisa meyakinkan orang tuanya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP sebanyak 70 siswa, dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data penelitian ini menggunakan data kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara menyebarkan angket kepada responden, kemudian dianalisis dengan uji asumsi menggunakan SPSS, persentase, dan uji hipotesis mengunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian mennjukkan bahwa layanan informasi karier terhadap kemamapuan merencanakan studi lanjut siswa di SMP Negeri 22 Kota Jambi yang diperoleh dengan cara penyebaran angket kepada 70 siswa berada pada tingkatan Tinggi dengan persentase 65%, sedangkan kemampuan merencankan studi lanjut di SMP Negeri 22 Kota Jambi berada pada tingkat tinggi dengan persentase 74%. Selanjutnya berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa nilai thitung sebesar 6.324 > tabel 1,9916 pada taraf signifikat 0.05 maka dapat di simpulkan bahwa hipotesis diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada antara layanan informasi karier terhadap kemampuan merencanakan studi lanjut di SMP Negeri 22 Kota Jambi Kata Kunci : Layanan informasi, karier, Kemampuan merencanakan studi lanjut

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Kata Kunci : Layanan informasi, karier, Kemampuan merencanakan studi lanjut
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: SAPUTRI
Date Deposited: 02 Mar 2023 03:33
Last Modified: 02 Mar 2023 03:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45489

Actions (login required)

View Item View Item