MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS 5 SDN 86/II TIMBOLASI KABUPATEN BUNGO

TITI, FITRIYANI (2023) MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS 5 SDN 86/II TIMBOLASI KABUPATEN BUNGO. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (30kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (220kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (187kB)
[img] Text
BAB II. (Autosaved).pdf - Published Version

Download (261kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (619kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version

Download (930kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (269kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (275kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal dikelas 5 SDN 86/II Timbolasi, keaktifan dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Matematika tergolong rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu kurangnya penggunaan model pembelajaran yang tepat. Salah satu alternatif untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menggunakan model yang sesuai dengan materi pembelajaran, yaitu dengan menerapkan model problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berpedoman pada model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahapan , yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas 5 SDN 86/II Timbolasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 5 SDN No 86/II Timbolasi dengan jumlah 11 orang peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, tes dan dokumentasi dan instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, lembar tes dan dokumentasi. Dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan pada mata pelajaran Matematika kelas 5 SDN No 86/II Timbolasi dari hasil observasi keaktifan belajar peserta didik pada siklus I jumlah peserta didik yang belum mencapai tinggkat aktif pada siklus I sebanyak 4 orang peserta didik atau 36% dan peserta didik yang aktif sebanyak 7 orang peserta didik atau 64% yang memenuhi kriteria aktif. Selanjutnya pada siklus II diperoleh jumlah peserta didik yang tidak aktif sebanyak 0 atau 0% dan sebanyak 11 orang peserta didik telah memenuhi kriteria aktif atau setara dengan 100%. Berdasarkan kriteria keaktifan yang telah ditetapkan oleh Sekolah Dasar Negeri 86/II Timbolasi bahwa seorang siswa dikatakan aktif apabila memenuhi kriteria keaktifan yang telah ditentukan yaitu 70%. Sedangkan hasil belajar jumlah peserta didik yang belum mencapai tinggkat nilai ketuntasan minimum pada siklus I sebanyak 4 orang peserta didik atau 36% dan peserta didik yang telah mencapai nilai ketuntasan minimum sebanyak 7 orang peserta didik atau 64%. Selanjutnya pada siklus II diperoleh jumlah peserta didik yang belum mencapai nilai ketuntasan minimum sebanyak 1 atau 9% dan sebanyak 10 orang peserta didik telah memenuhi nilai ketuntasan minimum atau setara dengan 91%. Berdasarkan nilai yang telah ditetapkan oleh Sekolah Dasar Negeri 86/II Timbolasi bahwa seorang peserta didik dikatakan berhasil apabila memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan yaitu 70

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Titi Fitriyani
Date Deposited: 09 Mar 2023 08:22
Last Modified: 09 Mar 2023 08:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45734

Actions (login required)

View Item View Item