Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Memaksimalkan Fungsi Sebagai Manajer di SMKN 1 Kota Jambi

SIMBOLON, PIRGO (2023) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Memaksimalkan Fungsi Sebagai Manajer di SMKN 1 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER PIRGO.pdf

Download (34kB)
[img] Text
HALAMAN PIRGO.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB I PS.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB V PS.pdf

Download (21kB)
[img] Text
DP PS.pdf

Download (23kB)
[img] Text
SKRIPSI A PIRGO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh data yang ditemukan pada saat observasi yang menunjukkan bahwa kepala sekolah dalam memaksimalkan fungsi sebagai manager masih belum maksimal dikarenakan kurangnya support guru lain dikarenakan kompetensi yang dimiliki kepala sekolah sehingga terdapat berita simpang siur maupun desakan dari pihak luar. Untuk merespons hal itu maka peneliti melakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam memaksimalkan fungsi sebagai Manajer di SMKN 1 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif analisis deskriptif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru dan Siswa SMKN 1 Kota Jambi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kepala sekolah dalam memaksimalkan fungsi sebagai manager dapat ditinjau dari beberapa fungsi manager seperti, perencanaan yang matang, pengorganisasian yang saling melibatkan, pengarahan yang mendukung untuk kemajuan dan pengawasan agar berjalan kondusif secara keseluruhan. Faktor penghambat dalam memaksimalkan fungsi sebagai manager yaitu terjadinya atittude atau sikap yang kurang berkenan dengan pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah. Dari penelitian ini disarankan kepada kepala sekolah agar dapat melaksanakan fungsinya sebagai manager sesuai dengan peraturan yang telah berlaku, karena penelitian membuktikan bahwa jika kepala sekolah melaksanakan fungsinya dengan baik maka dapat memberikan respon positif. Di samping tingkat pendidikan, faktor manager juga perlu diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari. This research was motivated by data found at the time of observation which showed that the principal in maximizing his function as a manager was still not optimal due to the lack of support from other teachers due to the competency of the principal so that there was confusing news and pressure from outsiders. To respond to this, researchers conducted research. This study aims to describe the Principal's Leadership in maximizing the function as a Manager at SMKN 1 Jambi City. This study used a qualitative descriptive analysis approach with a phenomenological research type. The subjects in this study were the Principal, Teachers and Students of SMKN 1 Jambi City. Data collection techniques in this study used observation, interviews, and documentation. The data analysis technique is by data reduction, data presentation and conclusion. While testing the validity of the data using data triangulation. The results of this study indicate that: the principal in maximizing his function as a manager can be viewed from several manager functions such as careful planning, involved organizing, supportive direction for progress and supervision so that it runs conducive overall. The inhibiting factor in maximizing the function as a manager is the occurrence of attitudes or attitudes that are less pleasing to the supervision carried out by the principal. From this research it is suggested to the school principal to be able to carry out his function as a manager in accordance with the regulations that have been in effect, because research proves that if the principal carries out his function properly then he can give a positive response. In addition to the level of education, manager factors also need to be considered in everyday life.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, kepala sekolah, fungsi sebagai manajer
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Simbolon
Date Deposited: 16 Mar 2023 03:12
Last Modified: 16 Mar 2023 03:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46045

Actions (login required)

View Item View Item