Pengaruh Efikasi Diri, Aktualisasi Diri dan Lingkungan Belajar Terhadap Motif Berprestasi Pada Siswa Kelas XII di SMA Adhyaksa 1 Jambi

Ayu Lestari, Tiara (2023) Pengaruh Efikasi Diri, Aktualisasi Diri dan Lingkungan Belajar Terhadap Motif Berprestasi Pada Siswa Kelas XII di SMA Adhyaksa 1 Jambi. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Full TESIS TIARA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (207kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (360kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (204kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (230kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (444kB)
[img] Text
Hal Pengesahan.pdf

Download (326kB)

Abstract

Motif berprestasi merupakan aspek penting bagi siswa, agar dapat selalu berusaha walaupun mengalami hambatan dan kesulitan dalam meraih tujuan belajar.Terdapat berbagai faktor yang dapat mempengaruhi motif berprestasi siswa, seperti keyakinan akan kemampuan diri (efikasi diri) dan keinginan untuk mengaktualisasikan diri. Selain itu, untuk dapat memunculkan motif berprestasi yang tinggi, diperlukan lingkungan belajar yang mendukung kegiatan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh efikasi diri, aktualisasi diri, dan lingkungan belajar baik secara sendiri dan simultan terhadap motif berprestasi pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan expost facto dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 134 orang siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Instrumen berupa angket, dan analisis data menggunakan metode statistik regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa efikasi diri berpengaruh terhadap motif berprestasi siswa dengan besarnya pengaruh sebesar 49,1%. Aktualisasi diri berpengaruh terhadap motif berprestasi siswa dengan besar pengaruh yaitu 49,9%. Lingkungan belajar berpengaruh terhadap motif berprestasi pada siswa dengan besarnya pengaruh yang diberikan sebesar 34.2%. Hasil analisis regresi ganda membuktikan bahwa secara simultan variabel efikasi diri, aktualisasi diri dan lingkungan belajar berpengaruh sterhadap motif berprestasi yang dimiliki siswa dengan nilai pengaruh yang diberikan sebesar 60,4%. Berdasarkan hasil temuan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan efikasi diri, aktualisasi diri pada siswa disertai pengoptimalan kualitas lingkungan belajar dapat meningkatkan motif berprestasi siswa. Maka dari itu, pihak sekolah terutama kepala sekolah hendaknya mampu untuk memberikan arahan kepada seluruh guru agar dapat melaksanakan pembelajaran secara lebih optimal. Selain itu, kepala sekolah dapat mengoptimalan pengadaan dan perawatan lingkungan belajar siswa, sehingga memunculkan semangat serta kenyamanan baik bagi siswa maupun guru dalam proses pembelajaran.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: efikasi diri, aktualisasi diri, lingkungan belajar, motif berprestasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: TIARA AYU LESTARI
Date Deposited: 20 Mar 2023 03:06
Last Modified: 20 Mar 2023 03:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46232

Actions (login required)

View Item View Item