Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pada Program Studi Administrasi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi

Karo, Delpiyanita Br (2023) Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pada Program Studi Administrasi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. S1 thesis, Hukum Pidana.

[img] Text
cover.pdf

Download (185kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (356kB)
[img] Text
all file skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.,.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (241kB)

Abstract

Karo, Delpiyanita. 2023. Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Program Studi Adminisrasi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi: Skripsi Program Studi Administrasi Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Dra. Muazza, M. Si. Pembimbing (II) Dr. Robin Pratama, M. Pd. Kata Kunci: Implementasi, Merdeka Belajar Kampus Merdeka Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana implementasi merdeka belajar kampus merdeka di Program Studi Administrasi Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Penelitian ini dilatarbelakangi atas dasar bahwasanya prodi dalam melaksanakan perannya sebagai pihak yang memanajemen program MBKM di pendidikan belum sepenuhnya optimal. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan masing-masing guru yang mewakili setiap program keahlian. Teknik yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ditinjau dari aspek kurikulum, prodi belum maksimal dalam merancang sistem konversi mata kuliah bagi mahasiswa yang mengikuti program MBKM. Sehingga masih ada mahasiswa yang tidak medapatkan haknya berupa konversi mata kuliah dan juga mata kuliah yang dikonversi tidak sejalan dengan program yang dilaksanakan ketika penempatan MBKM. Hal tersebut tentunya menjadi hambatan dari pencapaian tujuan dari program MBKM itu sendiri. (2) Ditinjau dari aspek kesiapan pengelola, prodi sudah baik dalam menjalankan model kerjasama dengan mitra MBKM untuk mempermudah mahasiswa menjalankan program mereka. Akan tetapi ada kendala dalam pencairan dana bagi mahasiswa yang mengikuti program MBKM sehingga hal tersebut menjadi kendala bagi mahasiswa dalam menjalankan program MBKM. Prodi juga telah melakukan sosialisasi dan pembekalan kepada mahasiswa sebelum menjalankan program MBKM. Prodi juga telah melakukan tindak lanjut dengan melakukan evalusi kepada mahasiswa yang telah menjalakan program MBKM dengan menanyakan bagaimana proses selama menjalankan program MBKM dan apa hambatan yang mereka hadapi selama menjalankan program MBKM yang akan dijadikan sebagai acuan bagi mahasiswa yang akan mengikuti program MBKM periode berikutnya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementsi merdeka belajar kampus merdeka pada Program Studi Administrasi Pendidikan FKIP Universitas Jambi sudah cukup baik namun belum optimal. Prodi sebagai ujung tombak dalam memanajemen program MBKM sebaiknya lebih tersetruktur dan berani mengambil keputusan yang tegas terhadap aturan-aturan yang diberikan kepada mahasiswa yang mengikuti program MBKM. Sehingga mahsiswa yang ingin mengikuti program MBKM dapat mempertimbangkan langkah mereka sebelum memutuskan untuk mengikuti program MBKM. Dan memudahkan kinerja prodi sendiri dalam hal pendataan dan sebagainya. Dengan adanya penelitian ini, peneliti berharap dap membantu pihak prodi, dosen, maupun mahasiswa agar lebih baik lagi dan mengoptimalkan implementasi merdeka belajar kampus merdeka di Prodi AP, FKIP, Universitas Jambi menjadi lebih baik sehingga dapat memberikan sumbangsih terhadap perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia. Dan peneliti berharaap dilakukannya penelitian lanjutan terkait topik ini agar nantinya hasil yang diberikan lebih komperhensif sehingga dapat dijadikan bahan perbandingan maupun tambahan informasi guna pengembangan ilmu pengetahuan kedepannya.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Karo
Date Deposited: 12 Apr 2023 04:33
Last Modified: 12 Apr 2023 04:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/47138

Actions (login required)

View Item View Item