Hanipa, Hanipa (2023) Pengembangan E-modul Berbasis Concept-Rich Instruction (CRI) Berbantuan Live Worksheet Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
Cover (2).pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (446kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
Dapus.pdf Download (409kB) |
Abstract
Kata Kunci: Concept-Rich Instruction (CRI), E-modul, Live Worksheet, Kemampuan Pemahaman Konsep, Bangun Ruang Sisi Lengkung Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kualitas produk e-modul berbasis concept-rich instruction (CRI) berbantuan live worksheet untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek uji coba ini adalah dosen pendidikan matematika FKIP Universitas Jambi sebagai tim ahli, guru matematika kelas IX SMP N 22 Kota Jambi, serta siswa kelas IX F SMP N 22 Kota Jambi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu e-modul berbasis concept-rich instruction (CRI) dengan beberapa tahapan yaitu praktik, dekontekstualisasi, mengungkapkan generalisasi dengan kata-kata, rekontekstualisasi dan realisasi. E-modul ini juga berbantuan live worksheet yang dapat diakses melalui smartphone maupun laptop. E-modul yang dikembangkan ini fokus pada materi bangun ruang sisi lengkung untuk siswa kelas IX SMP dengan menyajikan contoh soal dan latihan yang kontekstual dan juga menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa produk e-modul yang dikembangkan dan melewati beberapa proses revisi hingga menghasilkan e-modul yang diharapkan. Dengan tingkat kualitas e-modul dilihat berdasarkan 3 kriteri, yaitu valid, praktis dan efektif. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa persentase kevalidan e-modul dari ahli materi adalah 93% (sangat valid) dan dari ahli desain adalah 88% (sangat valid); persentase kepraktisan e-modul oleh guru adalah 89,3% (sangat praktis) dan oleh siswa adalah 88,28% (sangat praktis); dan persentase keefektifan e-modul dari angket respon siswa adalah 85,72% (sangat efektif) dan berdasarkan hasil tes kemampuan pemahaman konsep, 20 orang siswa mengalami peningkatan kemampuan dengan kriteria sedang atau tinggi dan memiliki rata-rata n-gain sebesar 0,58 dengan kriteria sedang. Peneliti menyarankan agar penelitian selanjutnya dapat mengembangkan e-modul dengan menggunakan inovasi lain dan memanfaatkan teknologi lainnya untuk menghasilkan e-modul yang lebih baik dan menarik sehingga dapat membuat siswa lebih termotivasi dan tertarik dalam pembelajaran matematika.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Concept-Rich Instruction (CRI), E-modul, Live Worksheet, Kemampuan Pemahaman Konsep, Bangun Ruang Sisi Lengkung |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Hanipa |
Date Deposited: | 17 Apr 2023 03:59 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 04:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/47256 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |