RIANA, PURBA (2023) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DISPLAY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MUATAN PKN HAK DAN KEWAJIBAN KELAS III SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Skripsi full lengkap.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (490kB) |
![]() |
Text
halaman persetujuan.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (649kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (233kB) |
Abstract
Purba. Riana 2023. Penerapan Media Pembelajaran Display Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Muatan PKN Hak Dan Kewajiban Kelas III Sekolah Dasar: Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, pembimbing (1) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd. (2) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd Kata kuci: Motivasi belajar, Media Display Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa melalui penerapan media pebelajaran display pada muatan PKN di sekolah dasar. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan sebanyak dua siklus dimana setiap siklusnya dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 186/I Sridadi dengan jumlah siswa 22 orang yang terdiri dari 12 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data adalah observasi (pengamatan), dokumentasi dan instrumen untuk mengukur motivasi belajar siswa adalah lembar observasi motivasi belajar siswa dan lembar observasi kegiatan guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif atau berupa deskripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran diplay dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata muatan PKN di tema 6, upaya dalam menningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan intsrumen lembar observasi yang didasarpakn pada siklus I memperoleh persesntase sebesar 36,355% dan siklus II sebesar 77,265%. Berdasarkan dari hasil yang penelitian yang sudah dilakukan maka dapat di tarik kesimpulan bahwa penerapan media pembelajaran display dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dilihat dari peningkatan motivasi siswa sudah mencapai 77%. Selain itu penerapan media display ini dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar, Media Display |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Purba |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 03:47 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 03:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/47297 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |