Wulandari, Shinta and Sabil, Husni and Sufri, Sufri Pengaruh Model Student Teams Achiavement Divisions (STAD) Melalui Teknik Hands On Mathematics terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP. Repository UNJA. (Submitted)
![]() |
Text
ARTIKEL..docx Download (117kB) |
Abstract
Hasil belajar siswa merupakan salah satu tujuan yang diharapkan dapat berkembang dengan optimal pada diri siswa. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Sungai Penuh, diketahui bahwa hasil belajar siswa belum berkembang dengan optimal. Siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran dan cenderung senang untuk berdiskusi dengan siswa lainnya mengenai materi yang belum dipahami. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa masih rendah. Masalah ini dapat diatasi dengan menerapkan model STAD melalui teknik Hands On Mathematics. Tujuan penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada model STAD melalui teknik Hands On Mathematics terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Sungai Penuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan The Randomized Posttest-Only Contol Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Sungai Penuh yang berjumlah 94 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, kelas VIII B terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D terpilih sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berupa soal objektif untuk melihat hasil belajar siswa. Data tes dianalisis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata dua pihak dengan menggunakan uji-t. Dari hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata tes hasil tes hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 78,958 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 68,261. Hasil uji thitung dibandingkan ttabel untuk nilai posttest hasil belajar siswa didapatkan thitung>ttabel yaitu 2,72959>2,01410 . Dengan demikian, data tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang memperoleh pembelajaran model STAD melalui teknik Hands On Mathematics dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Sehigga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model STAD melalui teknik Hands On Mathematics berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Sungai Penuh. Kata Kunci: STAD, Hands On Mathematics, Hasil Belajar, Bangun Ruang Sisi Datar.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Shinta Wulandari |
Date Deposited: | 13 Jul 2018 03:06 |
Last Modified: | 13 Jul 2018 03:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4801 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |