Rezeki, Wilyanda (2023) PENGEMBANGAN WEBSITE PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP PADA MATERI KOLOID. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (871kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI WILYANDA REZEKI.pdf Download (6MB) |
Abstract
Rezeki, Wilyanda. 2023. Pengembangan Website Pembelajaran Interaktif Berorientasi Chemo-Entrepreneurship Pada Materi Koloid : Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. Haryanto, M.Kes., (II) Dra. Fatria Dewi, M.Pd. Kata Kunci: Websites pembelajaran, koloid, chemo-entrepreneurship. Penggunaan website pembelajaran interaktif dapat membantu terlaksananya pembelajaran yang lebih mandiri dan mampu meningkatkan minat belajar siswa yang fleksibel, praktis ,dapat digunakan kapan saja serta visualisasi menarik. Pada materi koloid, siswa dituntun agar mampu memahami konsep koloid, sifat-sifat koloid, dan pembuatan koloid. Pendekatan Chemo¬-entrepreneurship (CEP) merupakan pendekatan kimia yang menghubungkan pembelajaran kimia dengan benda atau fenomena nyata di sekitar kehidupan sehari-hari manusia dan disaat yang sama memperoleh kesempatan bagi siswa untuk belajar proses pengolahan suatu bahan menjadi suatu produk yang berguna dan bernilai ekonomis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan menurut ahli materi dan media, penilaian guru bidang studi kimia dan respon siswa terhadap website pembelajaran interaktif berorientasi chemo-entrepreneurship pada materi koloid yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Lee & Owens. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif berdasarkan komentar dan saran, selanjutnya analisis data kuantitatif berdasarkan rata-rata skor jawaban dan persentase. Hasil dari penelitian ini bahwa website pembelajaran interaktif berorientasi chemo-entrepreneurship pada materi koloid mendapat hasil kelayakan ahli materi sebesar 4,46 (sangat layak), ahli media sebesar 4,46 (sangat layak), penilaian guru sebesar 4,5 (sangat layak), dan dari respon siswa memłliki persentase 84,4 % (sangat layak). Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa website pembelajaran interaktif berorientasi chemo-entrepreneurship pada materi koloid sudah layak secara konseptual dan prosedural sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran kimia.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Websites pembelajaran, koloid, chemo-entrepreneurship. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Rezeki |
Date Deposited: | 22 May 2023 03:58 |
Last Modified: | 22 May 2023 03:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48685 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |