Aprilia, Annisa (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR SISWA. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (361kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (58kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (18kB) |
![]() |
Text
Annisa Aprilia P2A921008 Tesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Aprilia, Annisa, 2023. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Project Based Learning Terintegrasi STEM (PjBL-STEM) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Syaiful, M.Pd. (II) Ir. Bambang Hariyadi, M.Si., Ph.D. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kreativitas Belajar Matematika, Problem Based Learning, Project Based Learning Terintegrasi STEM. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan kreativitas belajar siswa. Adapun tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui: 1). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Project Based Learning Terintegrasi STEM (PjBL-STEM) dan Direct Interaction (DI) terhadap kemampuan pemecahan masalah mmatematis. 2). Pengaruh kreativitas belajar tinggi, sedang dan rendah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. 3). Interaksi antara model pembelajaran PBL, PjBL-STEM dan DI dengan kreativitas belajar dalam mempengaruh kemampuam pemecaham masalah matematis. Metode yang digunakan yaitu Quasi Eksperimen. Populasi seluruh siswa kelas VIII, sampelnya sebanyak 94 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen I, eksperimen II dan kelas kontrol. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalan anova dua arah, instrumen yaitu tes kemampuan pemecahan masalah dan angket krativitas belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Model pembelajaran PjBL-STEM memiliki pengaruh lebih tinggi dalam mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah dibandingkan model pembelajaran PBL, sementaran model pembelajaran PBL lebih tinggi dalam mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah dibandingkan model pembelajaran DI. 2). Kreativitas belajar tinggi lebih tinggi dalam mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah dibandingkan dengan kreativitas belajar sedang, sementara itu kreativitas belajar sedang lebih tinggi dalam mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah dibandingkan kreativitas belajar rendah. 3). Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran PBL, PjBL-STEM dan DI dengan kreativitas belajar dalam mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kreativitas Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Annisa Aprilia |
Date Deposited: | 19 May 2023 02:43 |
Last Modified: | 19 May 2023 02:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48834 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |