Hanisa, Riza (2023) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN ARGUMENTATIVE-JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA PADA MATERI ASAM BASA DI SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text
Riza Hanisa_File Skripsi_selesai.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (406kB) |
![]() |
Text
DOC-20230519-WA0009..pdf Download (177kB) |
Abstract
Hanisa, Riza. 2023, “Efektifitas Model Pembelajaran Jigsaw Dan ArgumentativeJigsaw Dalam Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa Pada Materi Asam Basa Di SMA”. Skripsi , Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Muhammad Haris Effendi Hsb, S.Pd., M.Si., Ph.D, (2) Dra.Yusnidar, M.Pd. Kata kunci: kemampuan Argumentasi, Jigsaw, Argumentative-Jigsaw, Asam Basa. Salah satu upaya peningkatan kualitas pembelajaran yaitu dengan peningkatan relevansi model mengajar. Oleh karna itu, perlunya upaya untuk dapat menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa dengan model yang relevan, salah satu alternatifnya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Argumentative-Jigsaw Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan model pembelajaran Jigsaw dan Argumentative-Jigsaw dalam meningkatkan kemampuan argumentasi siswa pada materi asam basa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (mix method) dengan jenis model triangulasi konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan proposive sampling yaitu kelas XI MIPA 2.Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi berupa field notes (analisis kualitatif) yang berisikan aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari kelas Argumentative-Jigsaw adalah 80,83. Dengan diperoleh nilai uji N-gain pada kelas Argumentative-Jigsaw sebesar 0,76 dengan kategori tinggi dan pada kelas jigsaw sebesar 0,68 dengan kategori sedang. Pelaksanaan model ArgumentativeJigsaw mempunyai pengaruh terhadap kemampuan argumentasi (dengan uji tindependen = 0,000 maka Ha diterima) pada materi asam basa dikelas XI MIPA. Maka dapat disimpulkan bahwa kelas yang menggunakan model pembelajaran Argumentative-Jigsaw lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan argumentasi dibandingkan siswa yang belajar menggunakan jigsaw pada materi asam basa di SMA Negeri 6 kota jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan Argumentasi, Jigsaw, Argumentative-Jigsaw, Asam Basa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Hanisa |
Date Deposited: | 19 May 2023 06:25 |
Last Modified: | 19 May 2023 06:25 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48859 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |