inayah, Inayah (2023) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENULIS PERMULAAN DI KELAS I SEKOLAH DASAR. S1 thesis, universitas jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI_Inayah_A1D119031.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER - 2.pdf Download (28kB) |
![]() |
Text
H.PENGESAHAN & H.PERSETUJUAN.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) |
Abstract
Inayah. 2023. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menulis Permulaan di Kelas 1 Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. Eko Kuntarto, M.Pd. M.Comp.Eng., (II) Khoirunnisa, M.Pd. Kata Kunci: Kesulitan, Menulis Permulaan, Siswa Kelas I SD Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan siswa dalam menulis permulaan di kelas I Sekolah Dasar, faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dan cara guru dalam mengatasi kesulitan siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN 83/I Bajubang pada tanggal 19 Januari 2023 hingga 19 Februari 2023. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian ini yaitu guru kelas I dan siswa kelas I SD Negeri 83/I Bajubang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini berupa kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menulis permulaan. Kesulitan dalam menulis permulaan sebagai berikut: belum mengenal huruf abjad (A-Z) dengan sempurna, terlalu lambat dalam menulis, menulis huruf secara terbalik, terdapat huruf yang tertinggal saat menulis, jarak antar kata (spasi) yang tidak stabil dalam menulis, kesalahan dalam memegang pensil, dan posisi duduk siswa yang belum tepat saat menulis. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan menulis siswa yaitu kurangnya minat dan motivasi siswa dalam belajar menulis, tidak fokus dalam belajar, dan kurangnya pendampingan dan dukungan dari orang tua. Cara guru dalam mengatasi kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menulis permulaan sebagai berikut: guru memberikan perhatian lebih kepada siswa yang masih kesulitan dalam menulis permulaan pada saat jam pelajaran, guru mengadakan jam tambahan/les bagi siswa yang masih mengalami kesulitan dalam menulis permulaan, dan guru menekankan atau menghimbau para orang tua untuk mendampingi dan mendukung anaknya belajar menulis di rumah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan, Menulis Permulaan, Siswa Kelas I SD |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Inayah |
Date Deposited: | 26 May 2023 02:54 |
Last Modified: | 26 May 2023 02:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48981 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |