Anis Satriani, Desi (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Pendekatan STEAM terhadap Kreativitas Belajar Siswa pada Materi Asam Basa di SMA N 1 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (76kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (58kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI DESI ANIS SATRIANI fix.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (117kB) |
Abstract
Pendidikan adalah proses yang dimaksudkan untuk mencapai kondisi belajar dan proses pembelajaran peserta didik yang aktif untuk dapat mengembangkan potensi pada diri peserta didik sehingga nantinya akan diperoleh nilai spiritual, karakter diri, pengontrolan diri, moral serta kecerdasan yang berguna bagi diri peserta didik, masyarakat, serta negara.. Oleh sebab itu berhasilnya pembelajaran dipengaruhi oleh guru, kemauan peserta didik, sarana dan prasaran pembelajaran, serta masyarakat dalam proses pembelajaran. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran creative problem solving dengan pendekatan STEAM terhadap kreativitas siswa pada materi Asam Basa di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Penelitian ini bermanfaat bagi peserta didik, pendidik, sekolah dan peneliti. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan bentuk Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design. Instrumen penelitian berupa tes esai, lembar observasi kegiatan guru dan siswa pada penerapan model, lembar observasi kreativitas siswa dan lembar angket respon siswa terhadap penerapan model. Untuk melihat perbedaan kemampuan kreativitas siswa dilakukan uji t pada data yang diperoleh. Hasil data menunjukkan peningkatan hasil rata-rata pretest dan posttest kelas kontrol 48,28%-64,45% dan kelas eksperimen 50,78%-72,29%. Dari rata-rata kemampuan kreativitas siswa kelas kontrol-eksperimen dikategori baik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada penerapan Model CPS-STEAM terhadap Kreativitas Belajar siswa pada materi Asam Basa di SMAN 1 Muaro Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Creative Problem Solving, STEAM, Kreativitas, Asam Basa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Satriani |
Date Deposited: | 31 May 2023 07:07 |
Last Modified: | 31 May 2023 07:07 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49211 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |