Sabela, Nuraisah Jan (2023) Penerapan Model Pembelajaran Take and Give Berbasis Media Video untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Muatan IPS Kelas V Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI Nuraisah Jan Sabela.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
persetujuan.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
v.pdf Download (670kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
Abstract
Sabela, Nuraisah Jan, 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Take and Give Berbasis Media Video Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Muatan IPS Kelas V Sekolah Dasar”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd (II) Dr. Eka Sastrawati, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Model Pembelajaran Take and Give, Motivasi Belajar, Muatan IPS Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Take and Give berbasis media video dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada muatan IPS kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN 224/VII Mekarsari III, Kecamatan Pelawan, Kabupaten Sarolangun. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu data di analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang menerapan model pembelajaran Take and Give berbasis media video pada muatan IPS mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dikarenakan mengalami peningkatan motivasi dengan memperhatikan tiap indikator motivasi dalam belajarnya dapat terlihat pada setiap siklus pertemuan. Pada siklus I diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Take andi Give berbasis media video yang dilakukan guru hanya mencapai 90% masih terdapat poin yang belum terlaksana dan tingkat motivasi belajar siswa hanya berada pada klasifikasi “sedang” dengan persentase hanya mencapai 63,3%% artinya belum mencapai indikator yang diharapkan dalam penelitian ini, dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua penerapan model pembelajaran Take andi Give berbasis media video yang dilakukan guru telah mencapai persentase 100% maka hasil observasi motivasi belajar siswa meningkat pada klasifikasi “Tinggi” dengan persentase mencapai 78,3%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menerapan model pembelajaran Take and Give berbasis media video pada muatan IPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN 224/VII Mekarsari III. Hal tersebut dibuktikan dengan terjadinya peningkatan tiap indikator motivasi pada tiap siklus pertemuannya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Take and Give, Motivasi Belajar, Muatan IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | SABELA |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 07:21 |
Last Modified: | 06 Jun 2023 07:21 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49335 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |