Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Pembelajaran SiMaYang Berbantuan Smart Apps Creator Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Ikatan Kimia

Setiawan, M. David (2023) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Pembelajaran SiMaYang Berbantuan Smart Apps Creator Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Ikatan Kimia. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (239kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (254kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan, Pengesahan, Pernyataan.pdf

Download (481kB)
[img] Text
SKRIPSI_DAVID.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Setiawan, M. D. 2023. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Pembelajaran SiMaYang Berbantuan Smart Apps Creator Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Ikatan Kimia: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Zurweni, M.Si., (II) Drs. Fuldiaratman, M.Pd. Kata Kunci: multimedia interaktif, model pembelajaran SiMaYang, smart apps creator, berpikir kritis, ikatan kimia. Multimedia interaktif dapat menarik minat belajar siswa terlebih multimedia interaktif berbantuan smart apps creator yang dikembangkan simple dan praktis karena berbentuk aplikasi. Ikatan kimia adalah menjelaskan proses penulisan konfigurasi elektron, penjelasan proses pembentukan ikatan dengan pemakaian bersama pasangan elektron. Model pembelajaran SiMaYang merupakan model pembelajaran berbasis multiple representasi yang mengaitkan 3 kemampuan representasi yaitu simbolik, submikroskopis, dan makroskopis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan, kelayakan menurut ahli materi dan media, penilaian guru bidang studi kimia, tingkatan kemampuan siswa dan respon siswa pada pengembangan multimedia interaktif berbasis model pembelajaran SiMaYang berbantuan smart apps creator terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ikatan kimia di SMA yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Lee & Owens. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif berdasarkan komentar dan saran, selanjutnya analisis data kuantitatif berdasarkan rata-rata skor jawaban dan persentase. Hasil dari penelitian ini bahwa multimedia interaktif berbasis model pembelajaran SiMaYang berbantuan smart apps creator layak secara konseptual dan prosedural berdasarkan ahli materi memperoleh persentase sebesar 90%, ahli media dengan persentase 97,4%, penilaian guru dengan persentase 94,54%, uji one to one dengan persentase rata-rata 87,78%, dan dari respon siswa memiłiki persentase rata-rata 88,17 %. Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis model pembelajaran SiMaYang berbantuan smart apps creator sudah memenuhi semua tahapan pengembangan sampai uji small group/kelompok kecil dengan hasil sangat baik. Penelitian berikutnya, dapat dilanjutkan untuk uji coba lapangan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, model pembelajaran SiMaYang, smart apps creator, berpikir kritis, ikatan kimia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: SETIAWAN
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:17
Last Modified: 05 Jun 2023 03:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49389

Actions (login required)

View Item View Item