Rohana, Siti (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATA KULIAH FISIKA MATEMATIKA MATERI TRANSFORMASI KOORDINAT. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
SITI ROHANA SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (352kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (460kB) |
Abstract
Dalam dunia pendidikan penggunaan teknologi sangat dibutuhkan. Salah satu teknologi yang sering digunakan yakni bahan ajar berupa e-modul. E-modul dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran Fisika Matematika khususnya pada materi transformasi koordinat. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan e-modul dengan menggunakan Flip PDF Professional pada mata kuliah Fisika Matematika materi Transformasi Koordinat serta mengetahui bagaimana persepsi dan respon mahasiswa terhadap pengembangan e-modul Fisika Matematika materi Transformasi Koordinat. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yakni metode penelitian dan pengembangan (Research & Development), dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap yakni Define, Design, Develop, Disseminate. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini mahasiswa Pendidikan Fisika angaktan 2020 Universitas Jambi. data dalam penelitian ini menggunakan kualitatatif dan kuantitatif. Instrumen angket yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen ahli materi, instrumen ahli media, instrumen angket persepsi, dan instrumen angket respon. Analisis data pada penelitian yaitu data kualitatif dengan Miles dan Hubermen sedangkan kuantitatif dengan analisis data statistik deskriftif. Hasil dari penelitian ini didapatkan melelui validasi ahli, persepsi, dan respon mahasiswa. Pada validasi ahli materi didapatkan skor 70 dengan kategori baik setelah melalui tahap revisi 3 kali. Kemudian pada ahli media didapatkan hasil 64 dari validator 1 dan 65 dari validator 2 dengan kategori sangat baik setelah malalui tahap revisi 3 kali. Selanjutnya dilakukan uji coba lapangan terbatas dan uji coba lapangan operasional untuk mengetahui persepsi dan respon mahasiswa terhadap pengembangan e-modul dengan menggunakan Flip PDF Professional fisika matematika materi transformasi koordinat. Pada uji lapangan terbatas hasil persepsi sebanyak 7 mahasiswa dengan kategori sangat baik sedangkan hasil respon sebanyak 6 mahasiswa dengan kategori sangat baik. Uji lapangan operasional hasil persepsi sebanyak 17 mahasiswa dengan kategori sangat baik sedangkan respon sebanyak 26 mahasiswa dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut e-modul yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar tambahan dalam perkuliahan fisika matematika materi transformasi koordinat dengan dilengkapi video pembelajaran, quiz, uji kompetensi serta materi yang runtun sehingga pengguna dapat memahami materi yang diajarkan Kata Kunci : E-modul, Fisika Matematika, Flip Pdf Professional, Transformasi Koordinat
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | ROHANA |
Date Deposited: | 05 Jun 2023 04:36 |
Last Modified: | 05 Jun 2023 04:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49415 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |