PRAMESWARI, NIRMALA (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN LITERASI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI MAN 5 BATANGHARI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (23kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN & HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI NIRMALA PRAMESWARI (A1C319079).pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (163kB) |
Abstract
ABSTRAK Prameswari, Nirmala. 2023. Pengembangan Instrumen Penilaian Literasi Digital Pada Pembelajaran Fisika di MAN 5 Batanghari: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs, Darmaji, M.Si, (II) Dwi Agus Kurniawan, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Instrumen Penilaian, Literasi Digital, Pembelajaran Fisika. Instrumen penilaian literasi digital merupakan suatu alat evaluasi yang dapat digunakan oleh guru selaku pendidik untuk mengukur kemampuan literasi digital peserta didik. Literasi digital merupakan kemampuan yang harus dikuasai peserta didik bersamaan dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat ini. Sehingga dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah peserta didik juga harus memiliki kemampuan literasi digital untuk memudahkan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran. Tidak terkecuali pembelajaran fisika yang memerlukan suatu kemampuan literasi digital yang baik agar peserta didik mampu menerima dan memilih informasi mengenai pembelajaran fisika yang diperoleh melalui media digital dengan tidak diterima secara mentah-mentah. Namun guru selaku tenaga pendidik belum memiliki alat berupa instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan literasi digital peserta didik. Oleh karena itu, instrumen yang dikembangkan sangat membantu guru dalam mengukur kemampuan literasi digital peserta didik. Adapun penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian literasi digital peserta didik pada pembelajaran fisika di MAN 5 Batanghari. Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research & development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Kemudian instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara dan lembar validasi ahli. Data kuantitatif pada penelitian ini dianalisis menggunakan analisis statistik berupa uji validitas dan uji reliabilitas sedangkan untuk data kualitatif pada penelitian ini dilakukan dengan menganalisis saran dan komentar dari validator. Instrumen penilaian literasi digital yang dikembangkan ini divalidasi oleh 3 validator dengan masing-masing validator memvalidasi sebanyak 2 kali dengan beberapa revisi sehingga didapatkan hasil yang valid. Kemudian setelah dilakukan validasi oleh ahli dan dinyatakan valid dan siap untuk diuji cobakan. Maka langkah selanjutnya adalah melakukan uji coba kelompok kecil dengan 25 peserta didik terhadap instrumen penilaian literasi digital yang dikembangkan. Berdasarkan uji validitas data hasil uji coba didapatkan hasil bahwa semua pernyataan valid dan reliabel. Berdasarkan hasil yang didapatkan, dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian literasi digital pada pembelajaran fisika yang dikembangkan telah layak digunakan sebagai alat evaluasi untuk mengukur kemampuan literasi digital peserta didik untuk jenjang SMA/MAN.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Prameswari |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 01:49 |
Last Modified: | 06 Jun 2023 01:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49473 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |