Meningkatkan karakter disiplin dan tanggung jawab menggunakan reward sticker bergambar pada kelas 5B SD Negeri 207/IV Kota Jambi.

Hadda, Hadda (2023) Meningkatkan karakter disiplin dan tanggung jawab menggunakan reward sticker bergambar pada kelas 5B SD Negeri 207/IV Kota Jambi. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
judul,_pengesahan dan pernyataan.pdf

Download (901kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (14kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] Text
tesis full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Hadda. 2023. Meningkatkan karakter disiplin dan tanggung jawab menggunakan reward sticker bergambar pada siswa Kelas 5B Sekolah Dasar Negeri 207 Kota Jambi: Tesis, Magister Pendidikan Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Bunga Ayu Wulandari, S.Pd., M.EIL., Ph.D (II) Dr. Atri Widowati, S.Pd., M.Or. Penelitian ini membahas tentang penggunaan reward sticker dalam meningkatkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas 5B SD Negeri 207/IV Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara membangun kedisiplinan serta membentuk pribadi siswa yang bertanggung jawab untuk dirinya dan lingkungan sekitar. Penggunaan reward merupakan strategi yang sangat ideal dalam meningkatkan disiplin dan tanggung jawab peserta didik. Reward merupakan bentuk metode dalam memotivasi siswa untuk meningkatkan gaya belajar dan prestasinya. Reward sendiri artinya adalah hadiah, penghargaan atau imbalan. Reward akan memberikan efek ketauladanan. Untuk membuat reward dapat berjalan dengan baik diperlukan konsistensi dan harus bersifat objektif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dalam dua siklus dan melalui empat tahapan yang mencakup: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5B SD Negeri 207/IV Kota Jambi yang berjumlah 32 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dengan instrumen skala penilaian (Rating scale) dan dokumentasi. Hasil penelitian: (1) Pemberian reward Sticker adalah nilai dari penghargaan guru kepada anak, Reward sticker bertujuan agar siswa termotivasi untuk memperoleh sticker yang nilainya lebih tinggi. Cara menggunakan reward sticker adalah ketika reward sticker sudah diperoleh maka siswa akan menempelkannya dilembar nilai/observasi yang telah dipasang didepan kelas dan tentunya atas izin oleh guru. (2) Peningkatkan kedisiplinan dalam belajar anak dilihat dari anak yang sudah berseragam lengkap, tertib dalam pembelajaran, mengerjakan tugas secara mandiri dan tepat waktu, serta melaksanakan piket. Hasil nilai pada pra siklus dengan rata- rata 53,51, siklus I pertemuan satu 64,06, siklus 1 pertemuan dua 74,02, siklus II pertemuan satu 79,88.dan siklus 2 pertemuan dua 84,17. (3) Peningkatkan tanggung jawab dalam belajar anak dilihat dari anak yang sudah bertanggung jawab menyelesaikan tugas belajar, melaksanakan kebersihan dan tertib dalam pembelajaran. Hasil nilai pada pra siklus dengan rata- rata 57,55, siklus I pertemuan satu 59,63, siklus 1 pertemuan dua 70,31, siklus II pertemuan satu 73,43 dan siklus 2 pertemuan dua 79,16. Oleh karna itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Reward Sticker dapat meningkatkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa pada kelas 5B SD Negeri 207/IV Kota Jambi. Kata Kunci: Reward sticker Bergambar, Disiplin dan Tanggung Jawab. ABSTRACT Hadda, 2023. Improving the character of discipline and responsibility using illustrated reward stickers for Grade 5B students at SD Negeri 207, Jambi City: Thesis, Master of Basic Education. Faculty of Teaching and Education, University of Jambi, Supervisor (I) Bunga Ayu Wulandari, S.Pd., M.EIL., Ph.D. (II) Dr. Atri Widowati, S.Pd., M.Or. This study discusses the use of reward stickers in improving the character of discipline and responsibility of class 5B students at SD Negeri 207/IV Jambi City. The purpose of this research is to find out how to build discipline and develop students who are responsible for themselves and their surroundings. The use of rewards is an ideal strategy for increasing student discipline and responsibility. Reward is a method of motivating students to improve their learning style and achievement. Reward itself means a prize, award, or reward. Rewards will have an exemplary effect. To make the reward work properly, it requires consistency and must be objective. This research is classroom action research (CAR) using qualitative and quantitative research methods that are carried out in two cycles and through four stages, which include: (1) planning, (2) implementation, (3) observation, and (4) reflection. This research was conducted in the even semester of the 2022–2023 academic year. The subjects in this study were 5B grade students at SD Negeri 207/IV Jambi City, totaling 32 students, consisting of 14 male students and 18 female students. While the data collection technique used is the observation method with rating scale instruments and documentation, The results of the study are: (1) Giving reward stickers is a form of teacher appreciation for children. Reward stickers aim to motivate students to get stickers with higher values. How to use the reward sticker: when the reward sticker has been obtained, the student will stick it on the score or observation sheet that has been posted in front of the class, with permission from the teacher. (2) Increasing discipline in children's learning can be seen in children who are in full uniform, orderly in learning, doing assignments independently and on time, and carrying out pickets. The results of the pre-cycle scores showed an average of 53.51, cycle I meeting one 64.06, cycle 1 meeting two 74.02, cycle II meeting one 79.88, and cycle 2 meeting two 84.17. (3) Increasing responsibility in children's learning is seen in children who are already responsible for completing learning assignments and carrying out cleanliness and order in learning. The results of the pre-cycle scores showed an average of 57.55, cycle I meeting one 59.63, cycle 1 meeting two 70.31, cycle II meeting one 73.43, and cycle 2 meeting two 79.16. Therefore, it can be concluded that the use of reward stickers can improve the character, discipline, and responsibility of students in class 5B SD Negeri 207/IV Jambi City. Keywords: reward sticker, discipline, and responsibility.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Reward Sticker Bergambar, Disiplin dan Tanggung Jawab.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: HADDA
Date Deposited: 16 Jun 2023 03:14
Last Modified: 21 May 2025 05:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49722

Actions (login required)

View Item View Item