PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PJBL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA MATERI KOLOID SMA/MA

Sihombing, Yohana Sabrina (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PJBL UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA MATERI KOLOID SMA/MA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (494kB)
[img] Text
SKRIPSI YOHANA SABRINA SIHOMBING A1C119042.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Image
cover2.png

Download (22kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Sihombing, Yohana Sabrina. 2023. Pengembangan E-Modul Berbasis PjBL Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Peserta Didik Pada Materi Koloid SMA/MA. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing (I): Dra. Yusnidar, M. Pd., (II) Dr. Yusnaidar, S. Si., M. Si. Kata Kunci: E-Modul, PjBL, Koloid Penerapan materi koloid sebagian besar sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, namun banyak peserta didik yang tidak menyadari hal tersebut karena pemahaman konsepnya belum optimal. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan yakni PjBL. Project Based Learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai tahap awal dalam pengumpulan dan mengintegrasikan pengetahuan baru yang didapatkan dari pengalaman beraktivitas secara nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-Modul berbasis PjBL pada materi koloid berbentuk aplikasi yang dikembangkan layak secara teoritis maupun praktis, penilaian guru dan respons peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil dari pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dinilai oleh guru yang selanjutnya diujicobakan satu satu dan uji coba kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dari validasi ahli materi dan media, masing-masing diperoleh rerata skor 4,928 (sangat layak), 4,666 (sangat layak) serta dinyatakan layak untuk diujicobakan. Penilaian guru diperoleh rerata skor 4,4 (sangat baik), serta mendapatkan respons positif dari peserta didik dengan persentase 91,5% (sangat baik) pada uji satu satu dan 90,6% (sangat baik) pada uji kelompok kecil. Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian, disimpulkan bahwa e-Modul berbasis PjBL yang dikembangkan memperoleh hasil sangat layak secara teoritis dan praktis sebagai salah satu media pembelajaran yang berpotensi untuk meningkatkan minat dan motivasi peserta didik pada materi koloid.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, PjBL, Koloid
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: SIHOMBING
Date Deposited: 20 Jun 2023 02:57
Last Modified: 20 Jun 2023 02:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49793

Actions (login required)

View Item View Item