Reshi Novitri Ernaz, Amelia (2023) ANALISIS PADA INSTRUMEN ULANGAN HARIAN MATEMATIKA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT DAN MATERI LINGKARAN DI KELAS VI SD BERDASARKAN KARAKTERISTIK HOTS. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
FIXX skripsi AMELIA RESHI NOVITRI ERNAZ (A1D119045)...pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
Halaman judul.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN.pdf Download (414kB) |
![]() |
Text
BAB I...pdf Download (421kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (486kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (484kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (410kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mempersentasekan dan mendeskripsikan instrumen tes HOTS, dan mendeskripsikan faktor penyebab guru tidak mengetahui secara detail cara menyusun indikator dan membuat soal sesuai karakteristik HOTS. Penelitian ini menggunakan metode gabungan atau Mixed Methods Research (MMR). Subjek dalam penelitian ini adalah butir soal ulangan dan guru. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan rumus persentase indikator soal, untuk analisis deskriptif ada analisis berdasarkan Taksonomi Bloom, karakteristik HOTS, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada soal ulangan harian matematika kelas VI A 60% termasuk dalam level MOTS, dan 40% termasuk dalam level HOTS. Soal MOTS terdiri dari soal nomor 1, 2, 4, 5, 7 dan 8. Soal yang dikategorikan sebagai soal HOTS adalah soal nomor 3, 6, 9 dan 10. Pada soal ulangan harian matematika kelas VI B 75% termasuk ke dalam level MOTS yaitu soal nomor 1,2, dan 3, sisanya 25% soal ulangan harian kelas VI B soalnya termasuk dalam kategori HOTS yaitu soal nomor 4. Karakteristik tiap butir soal ulangan matematika berbasis HOTS kelas VI A materi operasi bilangan bulat tahun ajaran 2022/2023 ditemukan bahwa soal nomor 3 & 6 telah memenuhi 3 dari 5 item karakteristik soal HOTS sehingga termasuk pada kategori sedang. Pada soal nomor 9 dan 10 memenuhi 4 dari 5 item karakteristik soal HOTS maka soal ini termasuk pada kategori soal yang baik. Hasil dari analisis karakteristik soal HOTS ulangan matematika kelas VI B materi lingkaran tahun ajaran 2022/2023 ditemukan bahwa pada soal nomor 4 (C4 Menganalisis) memenuhi 4 dari 5 item karakteristik soal HOTS maka soal nomor 4 termasuk pada kategori soal yang baik. Faktor penyebab guru tidak mengetahui secara detail bagaimana cara menyusun indikator soal dan membuat instrumen soal HOTS sesuai dengan karakteristik instrumen soal HOTS ialah kurang detail pemaparan terkait HOTS pada kegiatan KKG, tidak difasilitasi untuk mengikuti kegiatan seminar ataupun webinar tentang penilaian HOTS, pada kegiatan webinar terkait HOTS yang diikuti secara mandiri tidak dipaparkan terkait karakteristik HOTS. Dari penelitian ini disarankan bagi kepala sekolah dan guru diharapkan saling bekerja sama untuk melaksanakan MGMP selain itu diharapkan kepala sekolah bisa memberikan fasilitas diluar kegiatan MGMP seperti webinar, seminar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Instrumen, Karakteristik, HOTS. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Ernaz |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 03:03 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 03:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49940 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |