Pengembangan e-Modul Materi Larutan Penyangga Berbasis Dicovry Learning di SMA

WAHYUNI, WINDA TRY (2023) Pengembangan e-Modul Materi Larutan Penyangga Berbasis Dicovry Learning di SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (111kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan winda.pdf

Download (274kB)
[img] Text
SKRIPSI _Winda Try Wahyuni_074.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Wahyuni Try, Winda. 2023.” Pengembangan e-Modul Materi Larutan Penyangga Berbasis discovery Learning di SMA Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (1) Drs. Epinur,M.Si (II) Afrida, S.Si, M.Si. Kata Kunci : e-Modul, Larutan Penyangga, Discovery Learning Pendidikan merupakan suatu aspek terpenting bagi kemajuan kualitas bangsa. Bahan ajar merupakan suatu bahan yang digunakan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Mata pelajaran kimia merupakan mata pelajaran yang berfokos bagimana siswa memahami konsep, prinsip dan teori kimia serta kertaitannya dalam kehidupan sehari-hari. Discovery Learning merupakan salah satu model pembelajaran penemuan yang dapat membuat siswa menggali pengetahuan secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan e-Modul materi larutan penyangga berbasis discovery learning serta mengetahui kelayakan, penilaian guru dan respon siswa terhadap e-Modul materi larutan penyangga berbasis discovery learning yang dikembangkan layak secara teoritis maupun praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bahan ajar menggunakan model Lee & Owens. yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi serta dinilai oleh guru kimia yang selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil. Teknik analisi data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (rata-rata skor jawaban). Hasil dari penelitian ini adalah sebuah e-Modul materi larutan penyangga berbasis discovery learning yang telah divalidasi oleh tim ahli yaitu ahli media dengan rerata skor 4,64 dan ahli materi, dengan rerata skor 4,53 dinyatakan layak untuk diujicobakan. Kemudian berdasarkan dari penilian guru yang berisikan bahwa e-Modul yang dikembangkan layak untuk diujicobakan pada siswa, dengan rerata skor 4,60. Serta mendapatkan respon siswa yang sangat baik dengan presentase 90,48% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan pengembangan dan hassil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berupa e-Modul materi larutan penyangga berbasis discovery learning sudah layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran kimia.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-Modul, Larutan Penyangga, Discovery Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: WAHYUNI
Date Deposited: 14 Jun 2023 02:59
Last Modified: 14 Jun 2023 02:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/49943

Actions (login required)

View Item View Item