Meningkatkan Kemampuan Mengenal Flora Fauna Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Pembelajaran Outing Class Di TK Al Hikmah Merbau A Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi.

Wardani, Mustika (2023) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Flora Fauna Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Pembelajaran Outing Class Di TK Al Hikmah Merbau A Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi. S1 thesis, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.

[img] Text
SKRIPSI TIKA FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
01 COVER.pdf

Download (80kB)
[img] Text
02 HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (194kB)
[img] Text
03 ABSTRAK.pdf

Download (136kB)
[img] Text
06 BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text
10 BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
11 DAFTAR PUSTAKA ok.pdf

Download (151kB)

Abstract

Kata kunci : Mengenal Flora Fauna, Metode Ounting Class, Siswa Berdasarkan hasil observasi awal pada semester II tahun ajaran 2022/2023 terhadap 17 orang anak kelompok B TK Al Hikmah Merbau A Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari, terlihat bahwa pembelajaran diketahui lebih sering dilakukan didalam kelas, maka dengan mengajak anak belajar di luar halaman sekolah dengan menggunakan pemanfaatan lingkungan sekitar dan tempat-tempat lainnya yang berbasis alam ini akan menambah daya tarik anak dalam belajar, Tujuan penelitian ini adalah 1)Untuk mengetahui kemampuan mengenal flora fauna anak usia 5-6 Tahun sebelum aktivitas metode pembelajaran outing class di TK Al Hikmah Merbau A Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari, 2)Untuk mengetahui kemampuan mengenal flora fauna anak usia 5-6 Tahun sesudah aktivitas metode pembelajaran outing class di TK Al Hikmah Merbau A Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari, 3)Untuk mengetahui metode pembelajaran outing class dapat meningkatkan kemampuan mengenal flora fauna anak usia 5-6 Tahun di TK Al Hikmah Merbau A Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang, disetiap siklusnya terdiri 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak di TK Al Hikmah Merbau A Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi sebanyak 17 anak. Teknik pengumpulan data berupa observasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan persentase Kemampuan Mengenal Flora Fauna Anak Usia 5-6 Tahun Melalui metode pembelajaran Outing Class pada pratindakan 25%, siklus I 79.15% dan siklus II meningkat 95.83% melebihi dari indikator ketuntasan minimal 85% Berdasarkan pembahasan pada penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Outing Class dapat meningkatkan Kemampuan Mengenal Flora Fauna Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al Hikmah Merbau A Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Wardani
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:39
Last Modified: 15 Jun 2023 06:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50118

Actions (login required)

View Item View Item