Wardani, Mustika (2023) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Flora Fauna Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Pembelajaran Outing Class Di TK Al Hikmah Merbau A Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi. S1 thesis, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.
![]() |
Text
SKRIPSI TIKA FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
01 COVER.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text
02 HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
03 ABSTRAK.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
06 BAB I.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
10 BAB V.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
11 DAFTAR PUSTAKA ok.pdf Download (151kB) |
Abstract
Kata kunci : Mengenal Flora Fauna, Metode Ounting Class, Siswa Berdasarkan hasil observasi awal pada semester II tahun ajaran 2022/2023 terhadap 17 orang anak kelompok B TK Al Hikmah Merbau A Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari, terlihat bahwa pembelajaran diketahui lebih sering dilakukan didalam kelas, maka dengan mengajak anak belajar di luar halaman sekolah dengan menggunakan pemanfaatan lingkungan sekitar dan tempat-tempat lainnya yang berbasis alam ini akan menambah daya tarik anak dalam belajar, Tujuan penelitian ini adalah 1)Untuk mengetahui kemampuan mengenal flora fauna anak usia 5-6 Tahun sebelum aktivitas metode pembelajaran outing class di TK Al Hikmah Merbau A Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari, 2)Untuk mengetahui kemampuan mengenal flora fauna anak usia 5-6 Tahun sesudah aktivitas metode pembelajaran outing class di TK Al Hikmah Merbau A Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari, 3)Untuk mengetahui metode pembelajaran outing class dapat meningkatkan kemampuan mengenal flora fauna anak usia 5-6 Tahun di TK Al Hikmah Merbau A Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang, disetiap siklusnya terdiri 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak di TK Al Hikmah Merbau A Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi sebanyak 17 anak. Teknik pengumpulan data berupa observasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan persentase Kemampuan Mengenal Flora Fauna Anak Usia 5-6 Tahun Melalui metode pembelajaran Outing Class pada pratindakan 25%, siklus I 79.15% dan siklus II meningkat 95.83% melebihi dari indikator ketuntasan minimal 85% Berdasarkan pembahasan pada penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Outing Class dapat meningkatkan Kemampuan Mengenal Flora Fauna Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al Hikmah Merbau A Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Wardani |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 06:39 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 06:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50118 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |