IMPLEMENTASI E-MODUL SUHU DAN KALOR BERBASIS STEM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI SMAN 3 KOTA JAMBI

YUNIAR, ANGELINA MARTHA (2023) IMPLEMENTASI E-MODUL SUHU DAN KALOR BERBASIS STEM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI SMAN 3 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (660kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf

Download (570kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (140kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (245kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk implementasi E-modul untuk mengetahui tingkat motivasi dan pemahaman konsep siswa menggunakan angket untuk mengukur motivasi belajar siswa dan menggunakan instrumen tes berbentuk soal untuk mengukur tingkat pemahaman konsep siswa, Melalui penelitian ini dapat dilihat bagaimana penerapan E-modul berbasis STEM. penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Kota jambi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 3 Kota Jambi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Desain penelitian ini menggunakan pre�eksperimental designs jenis one group pretest posttest design. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan pada bulan februari 2023. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terjadi peningkatan dari pretest-postest terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa pada materi suhu dan kalor di kelas XI mipa 5 SMAN 3 Kota Jambi. Pada motivasi belajar nilai uji t sebesar 3.964>1.690 dengan demikian terima Ha dan tolak. Begitu juga dengan pemahaman konsep nilai uji t sebesar 4.722>1.690 dengan demikian terima Ha dan tolak. Sehingga dikatakan bahwa terdapat peningkatan dari pretest ke postest terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa. Saran yang termuat dalam penelitian ini agar guru bisa menerapkan pembelajaran dengan menggunakan E-modul berbasis STEM, dengan demikian dapat membantu guru dalam menganalisis proses pembelajaran yang berlangsung pada setiap siswa

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep, E-modul
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Yuniar
Date Deposited: 16 Jun 2023 02:42
Last Modified: 16 Jun 2023 02:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50275

Actions (login required)

View Item View Item