Analisis Kegiatan Pembelajaran Matematika Peserta Didik yang Memiliki Motivasi Belajar Tinggi di Sekolah Dasar

PUTRA, AL ZIKRI (2023) Analisis Kegiatan Pembelajaran Matematika Peserta Didik yang Memiliki Motivasi Belajar Tinggi di Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
FULL Skripsi_Al Zikri Putra_A1D119094_PGSD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (21kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan .pdf

Download (370kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (350kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses kegiatan pembelajaran siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV B yang memiliki motivasi belajar tinggi dan mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam proses pembelajaran matematika di kelas IV B. Metode penelitian dilakukan oleh peneliti menggunakan pendekatan berupa penelitian kualitatif. Jenis penelitian kualitatif yang digunakan peneliti adalah menggunakan studi kasus. Penelitian ini menghasilkan data berupa narasi deskriptif yang di dapat dari informan atau subjek penelitian. Jenis penelitian studi kasus dipilih karena ingin mengetahui pembelajaran matematika siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi berdasarkan perilaku, pendapat, dan pemahaman informan. Hasil penelitian berupa analisis proses kegiatan pembelajaran matematika siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan kendala yang dihadapi guru serta siswa dalam pelaksanaanya. Proses kegiatan pembelajaran matematika yang dirancang guru agar siswa memiliki motivasi belajar tinggi adalah dengan menggunakan beberapa metode pembelajaran yang beragam seperti metode ekspositori, demonstrasi, tanya jawab, penugasan. Guru juga menugaskan siswa untuk memecahkan masalah matematika secara mandiri ataupun secara berkelompok. Guru menggunakan berbagai media dalam pembelajaran matematika dan kondisi lingkungan belajar yang nyaman. Pada proses pembelajaran matematika terdapat siswa yang menyukai pembelajaran matematika dengan menggunakan media pembelajaran, siswa yang menyukai pembelajaran secara berkelompok, siswa juga menyukai pembelajaran matematika jika guru memberikan contoh latihan soal terlebih dahulu, dan siswa yang menyukai pembelajaran menggunakan nyanyian. Kendala yang dialami guru terkait motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika adalah perbedaan minat dan bakat siswa, siswa yang sulit diatur, dan kurangnya waktu untuk mengetahui kebutuhan, minat, dan harapan siswa. Adapun kendala yang dihadapi siswa adalah mudah mengantuk pada saat jam belajar setelah istirahat atau saat jam siang, terdapat teman yang ribut saat belajar, dan kesulitan menjawab soal matematika. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran matematika untuk dapat menumbuhkan motivasi belajar yang tinggi pada siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung. Oleh karena itu, guru perlu lebih kreatif membuat pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Motivasi Belajar, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: PUTRA
Date Deposited: 16 Jun 2023 02:47
Last Modified: 16 Jun 2023 02:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50323

Actions (login required)

View Item View Item