Pengaruh Perhatian Orangtua Tunggal Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 11 Kota Jambi

Sinambela, Sanny Greace (2023) Pengaruh Perhatian Orangtua Tunggal Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 11 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER .pdf

Download (62kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (513kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (259kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (150kB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (195kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Hasil dari suatu kegiatan belajar biasanya ditunjukkan dengan nilai yang dapat diukur yang biasanya diperoleh dari hasil ujian atau tes. Untuk meningkatkan hasil belajar anak, perlunya perhatian orang tua yang menjadi peranan yang sangat penting, tanpa dorongan dan rangsangan dari orang tua, maka perkembangan hasil belajar anak akan mengalami hambatan dan menurun. Hasil belajar merupakan kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya (Sudjana 2014:22). Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh lingkungan keluarga terutama orangtua. Penelitian ini dibatasi pada dilakukan pada siswa yang memiliki orangtua tunggal dan berada pada peringkat 15 terkecil dikelasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui kualitas perhatian orang tua tunggal di SMA N 11 Kota Jambi. 2. Untuk mengetahui kualitas hasil belajar siswa di SMA Negeri 11 Kota Jambi. 3. Untuk mengungkapkan seberapa besar pengaruh perhatian orang tua tunggal terhadap hasil belajar siswa di SMA N 11 Kota Jambi. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data berupa instrumen angket. Ketetapan Instrumen angket diuji dengan uji validitas dan reliabilitas. Data dikumpulkan dari 27 responden yang ditentukan dengan teknik purposive sampling, kemudian data hasil penelitian diolah dengan menggunakan teknik persentase dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas Perhatian Orangtua Tunggal berada pada kualitas “Sedang” dengan persentase sebesar 59%. Kualitas Hasil Belajar berada pada klasifikasi “Baik” dengan persentase sebesar 80,14%. Koefisien determinasi yang dimiliki oleh variabel X terhadap variabel Y yaitu sebesar 0,204 dengan tafsiran pengaruh parsial mengunakan determinasi berada pada kriteria “Cukup Kuat” atau dengan persentasi 20,4 %. Kata Kunci : Perhatian Orangtua Tunggal; Hasil Belajar

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Sinambela
Date Deposited: 20 Jun 2023 03:59
Last Modified: 20 Jun 2023 03:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50510

Actions (login required)

View Item View Item