Utami, Yolla Riski (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS FLIPBOOK DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
2019_Skripsi_Yolla Riski Utami.pdf Download (12MB) |
![]() |
Text
2019_Skripsi_Yolla Riski Utami_COVER.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
![]() |
Text
2019_Skripsi_Yolla Riski Utami_HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
2019_Skripsi_Yolla Riski Utami_BAB 1.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
2019_Skripsi_Yolla Riski Utami_BAB 5.pdf Download (51kB) |
![]() |
Text
2019_Skripsi_Yolla Riski Utami_DAPUS.pdf Download (187kB) |
Abstract
Utami, Yolla Riski. 2023. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook dalam Menunjang Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IV Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd., (2) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Modul Elektronik, Heyzine Flipbooks, Pembelajaran Berdiferensiasi Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan prosedur pengembangan bahan ajar berbasis flipbook dalam menunjang pembelajaran berdiferensiasi di kelas IV sekolah dasar, (2) mendeskripsikan tingkat validitas bahan ajar berbasis flipbook dalam menunjang pembelajaran berdiferensiasi di kelas IV sekolah dasar, dan (3) mendeskripsikan tingkat kepraktisan bahan ajar berbasis flipbook dalam menunjang pembelajaran berdiferensiasi di kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Adapun data pada penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa saran dan komentar dari validator, ahli praktisi serta pendapat peserta didik mengenai produk yang dikembangkan. Sedangkan data kuantitatif berupa hasil perolehan angket validasi bahasa, media, materi, angket respon pendidik dan peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri No.34/I Teratai. Data penelitian diperoleh melalui angket validasi para ahli, angket praktisi, angket respon peserta didik, observasi dan wawancara. Kemudian data dianalisis untuk mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan produk. Hasil penelitian dan pengembangan meliputi (1) bahan ajar berupa modul elektronik berbasis flipbook dalam menunjang pembelajaran berdiferensiasi di kelas IV sekolah dasar, (2) hasil validitas modul elektronik dari validasi bahasa dengan skor rata-rata 4,8 dalam kategori sangat valid, hasil validasi media dengan skor rata-rata 4,7 dalam kategori sangat valid, dan hasil validasi materi dengan skor rata-rata 4,6 dalam kategori sangat valid, (3) hasil kepraktisan modul elektronik dari angket respon pendidik dengan skor rata-rata 4,9 dalam kategori sangat praktis, dan hasil angket respon peserta didik dengan skor rata-rata 4,7 dalam kategori sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar berbasis flipbook dalam menunjang pembelajaran berdiferensiasi di kelas IV sekolah dasar sangat valid dan sangat praktis.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Elektronik, Heyzine Flipbooks, Pembelajaran Berdiferensiasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | utami |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 08:12 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 08:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50517 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |