UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS LANJUTAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ENSIKLOPEDIA MINI PADA KELAS IV SDN 182/I HUTAN LINDUNG

Septa Cahyani, Putri (2023) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS LANJUTAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ENSIKLOPEDIA MINI PADA KELAS IV SDN 182/I HUTAN LINDUNG. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI_ Putri Septa Cahyani (A1D119047).pdf

Download (9MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (583kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf

Download (259kB)
[img] Text
SKRIPSI_ Putri Septa Cahyani (A1D119047)-13-19.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
SKRIPSI_ Putri Septa Cahyani (A1D119047)-88-90.pdf

Download (315kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Cahyani, Putri Septa, 2023. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Lanjutan Dengan Menggunakan Media Ensiklopedia Mini Pada Kelas IV SDN 182/I Hutan Lindung: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Daar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Anak Usia Dini dan Dasar, Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr. Ahmad Hariandi, S.Pd., M.Ag, (2) Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Keterampilan Menulis Lanjutan, Teks Deskripsi, Media Pembelajaran, Ensiklopedia Mini Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis lanjutan siswa dengan menggunakan media ensiklopedia mini. Penelitian tindakan kelas terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 182/I Hutan Lindung pada bulan Maret-April 2023. Data penelitian ini diperoleh dengan cara observasi aktivita siswa saat proses pembelajaran dan tes keterampilan menulis, wawancara guru kelas, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media ensiklopedia mini dalam pembelajaran di kelas IV dapat meningkatkan keterampilan menulis lanjutan siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari analisis data setiap siklus. Pada siklus I sebesar 65,62%. Adapun pada pertemuan 1 sebesar 63,75. Pada pertemuan 2 sebesar 67,5%. Sdangkan siklus II sebesar 77,70%. Adapun pada pertemuan 1 sebesar 73,75%. Pertemuan II sebesar 81,66%. Dari hasil penelitian ini hendaknya guru dalam proses pembelajaran dapat menumbuhkan semangat dan antusias siswa dalam pembelajaran menulis. Siswa yang belum tuntas dalam pembelajaran menulis teks deskripsi, agar dapat membiasakan diri untuk sering berlatih menulis dengan menggunakan objek yang ada di lingkungan sekitar dan memperbanyak membaca untuk menambah pengetahuan mengenai kata-kata. Hendaknya siswa yang memiliki nilai yang ≥70 diberi latihan secara intensif untuk meningkatkan keterampilan menulis lanjutan pada teks deskripsi. Hendaknya sekolah juga memberikan perhatian yang khusus terhadap anak yang masih kesulitan dalam menulis seperti menyediakan media belajar atau penambahan waktu belajar yang intensif.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Lanjutan, Teks Deskripsi, Media Pembelajaran, Ensiklopedia Mini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: CAHYANI
Date Deposited: 20 Jun 2023 02:20
Last Modified: 20 Jun 2023 02:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50533

Actions (login required)

View Item View Item