PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI KELAS XI SMA

TOGATOROP, ELSERIA (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI KELAS XI SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (111kB)
[img] Text
SKRIPSI_ELSERIA AFRIYANTI TOGATOROP_A1C119071.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (401kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-Modul Berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI SMA serta mengetahui kelayakan, penilaian guru dan respon peserta didik terhadap e-Modul berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Hannafin and Peck yang terdiri dari tiga tahapan utama yaitu tahap analisis kebutuhan, desain serta pengembangan dan implementasi. Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan yaitu sebatas uji coba kelompok kecil. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media dan selanjutnya dilakukan penilaian oleh guru dan diujicobakan kepada siswa sebanyak sepuluh orang siswa kelas XI MIPA SMA. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yaitu berupa komentar dan saran serta analisis kuantitatif yaitu berupa skor jawaban dan persentase. Hasil penelitian ini adalah sebuah berupa e-Modul berbasis Problem Based Learning pada materi larutan peenyangga, yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media dengan rerata skor masing-masing adalah 3,866 dan 3,933 dengan kategori “sangat baik”, sehingga layak untuk diujicobakan. Selanjutnya dari hasil penilaian guru diperoleh skor 57 dengan rerata 3,8 dengan kategori “sangat baik”. Selanjutnya diperoleh respon dari siswa dengan persentase 90,83 dengan kategori “sangat baik”.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-Modul, Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Larutan Penyangga
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: TOGATOROP
Date Deposited: 21 Jun 2023 03:00
Last Modified: 21 Jun 2023 03:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50579

Actions (login required)

View Item View Item