Sanjaya Dwi, Sucitra (2023) Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) danKorelasinya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi AsamBasa. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN CICI (1).pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI SUCITRA DWI SANJAYA_A1C119019.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Sanjaya,S.D.,2023. Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan Korelasinya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Asam Basa, Jambi : Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing Skripsi I: Dra. Fatria Dewi, M.Pd., Pembimbing Skripsi II: Aulia Sanova, S.T., M.Pd Kata Kunci : Two Stay Two Stray, Kemampuan Berpikir Kritis, Asam Basa. Kemampuan berpikir kritis adalah proses berpikir dengan menggabungkan kemampuan intelektual dan kemampuan berpikir untuk menganalisis dan memecahkan masalah sehingga pada akhirnya dapat menarik kesimpulan dari suatu permasalahan tersebut. Salah satu model pebelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis yaitu model TSTS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran TSTS dan korelasinya dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi asam basa di kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif korelasional. Instrumen penelitian berupa lembar observasi pelaksanaan model pembelajaran TSTS oleh guru dan siswa. Lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa dan soal tes esai kemampuan berpikir kritis siswa. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Product Moment dan selanjutnya untuk melihat seberapa besar kontribusi dilakukan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa penerapan model pembelajaran TSTS oleh siswa diperoleh persentase 72,08% dalam kategori baik. Hal ini sejalan positif dengan hasil observasi kemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh persentase 71,28% dalam kategori baik, dan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh. Hubungan pelaksanaan model pembelajaran TSTS dengan kemampuan berpikir kritis diperoleh hubungan kuat dengan rxy = 0,658. Hasil peritungan koefisien determinasi diperoleh nilai 43% dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara pelaksanaan model pembelajaran TSTS dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi asam basa di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 11 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Two Stay Two Stray, Kemampuan Berpikir Kritis, Asam Basa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Sanjaya |
Date Deposited: | 23 Jun 2023 03:48 |
Last Modified: | 23 Jun 2023 03:48 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50588 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |