Pemikiran Muhammad Natsir Tentang Pendidikan Islam dan Kontribusinya terhadap Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia 1932-1960

Rafli, Muhammad (2023) Pemikiran Muhammad Natsir Tentang Pendidikan Islam dan Kontribusinya terhadap Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia 1932-1960. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi Muhammad Rafli (A1A219030) full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (256kB)
[img] Text
halaman persetujuan & pengesahan.pdf

Download (70kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (360kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (734kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (362kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (587kB)

Abstract

Muhammad Natsir adalah seorang ulama yang memiliki keluwesan berpikir. Kondisi pendidikan Islam yang mengalami dikotomi atau pemisahan antara ilmu umum dan ilmu agama yang dilakukan oleh pemerintahan Belanda. Kondisi ini dianggap Natsir sesuatu yang menyimpang dari konsep pendidikan. Natsir terdorong membuat suatu gagasan pembaharuan yang dapat mengatasi kondisi pendidikan saat itu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perjalanan intelektual Muhammad Natsir dalam pendidikan Islam di Indonesia, peran Muhammad Natsir dalam mendorong pembaharuan pendidikan Islam di Indonesia, dampak pembaharuan pemikiran Muhammad Natsir terhadap pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini menggunakkan metode penelitian sejarah yang terdiri atas Heuristik, Kritik sumber, Interpretasi, dan Histiografi. Hasil dari penelitian ini adalah Muhammad Natsir dalam perjalanan intelektualnya dalam mendirikan beberapa lembaga pendidikan islam yang dapat mengatasi adanya konsep pendidikan yang dikotomis, karena pemerintahan Belanda tidak ingin adanya pengajaran agama ada disekolah yang didirikannya. Hal ini mendorong Natsir melakukan sebuah gerakan pembaharuan dengan menawarkan konsep pendidikan Integral atau memadukan pendidikan umum dan pendidikan agama. Dampak dari pembaharuan yang dilakukan Muhammad Natsir adanya sekolah tinggi Islam (STI) yang sekarang berubah nama menjadi universitas Islam negeri (UIN) yang konsep pendidikannya Integral, adanya pesantren modern yang memadukan pendidikan umum dan pendidikan agama, serta mencanangkan adanya koordinasi perguruan islam yang bertujuan menyokong kemajuan pendidikan Islam.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: RAFLI
Date Deposited: 22 Jun 2023 07:51
Last Modified: 22 Jun 2023 07:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50904

Actions (login required)

View Item View Item