Fadilah, Siti (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID ‘PISERA’ UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X IIS 2 MAN 5 BATANGHARI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI-SITI FADILAH (FULL).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER-SITI FADILAH.pdf Download (78kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK-SITI FADILAH.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
BAB I-SITI FADILAH.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
BAB V-SITI FADILAH.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN-SITI FADILAH.pdf Download (26kB) |
Abstract
Siti Fadilah. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android PISERA untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X IIS 2 MAN 5 Batanghari. Program Studi Pendidikan Sejarah PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Drs. Budi Purnomo, M.Hum., M.Pd., (2) Anny Wahyuni, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Media Interaktif, Aplikasi PISERA, Motivasi Belajar Sejarah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang tak dapat di elakkan yang mempengaruhi segala ranah, termasuk ranah pendidikan. Pesatnya penggunaan handphone pada kalangan siswa yang masih remaja namun pada pemanfaatan media pada kegiatan pembelajaran yang masih minim. Khususnya pada mata pelajaran sejarah. Seperti yang kita ketahui mata pelajaran sejarah yang sering dianggap kurang menarik dan membosankan, sehingga perlu adanya inovasi dan kreativitas guru dalam menyampaikan materi pelajaran agar materi yang disampaikan adapat tersampaikan dengan baik. Penelitian ini bertujuan: 1) Menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif yakni Aplikasi PISERA untuk mata pelajaran Sejarah Indonesia Peminatan materi Akulturasi Kebudayaan Hindu Buddha di Indonesia, 2) Mengetahui efektivitas penggunaan media tersebut dalam menigkatkan motivasi belajar sejarah siswa kelas X IIS 2 MAN 5 Batanghari. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model 4D dengan tahapan : Define, Design, Development dan Disseminate. Hasil dari penelitian ini disesuaikan dengan rumusan masalah : 1) Menghasilkan produk berupa media berbasis android PISERA ialah menggunakan Powerpoint interaktif, Ispiring Suite 9 dan Website 2 APK Builder. 2) Sedangkan untuk mengetahui efektivitas dan peningkatan, didapatkan hasil validasi materi dan media yang menggunakan uji keterbacaan menunjukkan bahwa media pembelajaran layak digunakan dan di uji coba kepada siswa. Skor yang diperoleh dari respon siswa mengenai media ialah 94,5% (kategori sangat baik). Hasil dari perhitungan data menggunakan SPSS V.19 dalam penelitian ini juga menunjukkan bahwa perolehan hasil sig 2-tailed pada uji efektivitas danuji peningkatan < 0,05. Artinya, media ini efektif digunakan serta dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Fadilah |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 07:44 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 07:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51180 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |