Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas Fase F di SMA N 10 Kota Jambi

Yudha, Akbir Wira (2023) Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas Fase F di SMA N 10 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (296kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text
Full Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Prokrastinasi akademik dapat didefinisikan sebagai perilaku penundaan dalam memulai mengerjakan atau menyelesaikan tugas dalam konteks akademik yang telah menjadi kebiasaan yang selalu dilakukan individu karena terdapat pikiran irasional atau ketidak nyamanan pada individu tersebut yang menyebabkan individu lebih mementingkan kegiatan yang menurutnya lebih menyenangkan, meskipun kegiatan tersebut tidak bersangkutan dengan menyelesaikan tugas akademiknya. Prokrastinasi akademik merupakan perilaku menunda-nunda dalam mengerjakan tugas-tugas akademik. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan munculnya perilaku prokrastinasi akademik, salah satunya adalah penggunaan media sosial. Penelitian ini dibatasi pada siswa yang mengalami perilaku prokrastinasi akademik yang disebabkan oleh melakukan aktivitas yang lebih menyenangkan, dalam hal ini ialah penggunaan media sosial tiktok. Tujuan penelitian ini ialah 1. Untuk mengetahui tingkat penggunaan media sosial tiktok pada siswa kelas Fase F di SMA N 10 kota Jambi, 2. Untuk mengetahui tingkat prokrastinasi akademik pada siswa kelas Fase F di SMA N 10 kota Jambi, 3. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial Tiktok terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas Fase F di SMA N 10 Kota Jambi. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode expost facto, menggunakan teknik pengumpulan data berupa instrumen angket diuji dengan uji validitas dan realibitas. Data dikumpulkan dari 53 responden yang ditentukan dengan teknik purposive sampling, kemudian data hasil penelitian diolah dengan menggunakan teknik persentase dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum penggunaan media sosial siswa berada pada tingkat “sedang” dengan persentase sebesar 59,27%, dan prokrastinasi akademik berada pada tingkat “tinggi” dengan persentase sebesar 68,13%. Koefisien determinasi yang dimiliki oleh variabel X terhadap variabel Y yaitu sebesar 0,462 dengan tafsiran pengaruh determinasi berada pada kriteria “cukup kuat” atau dengan persentase 46,2% Kata Kunci : Prokrastinasi Akademik, Media Sosial, Tiktok Academic procrastination can be defined as a behavior delays in starting work on or completing tasks in academic context that has become a habit that is always done individual because there are irrational thoughts or discomfort in the individual that causes the individual to be more concerned activities that he thinks are more fun, even though activities is not related to completing academic assignments. Academic procrastination is a procrastinating behavior do academic assignments. There are several factors led to the emergence of academic procrastination behavior, one of them is the use of social media. This research is limited to students who experiencing academic procrastination behavior caused by doing activities that are more fun, in this case is tiktok social media use. The purpose of this research is 1. To determine the level of social media use of tiktok in Phase class students F at SMA N 10 Jambi city, 2. To determine the level of procrastination academics in Phase F class students at SMA N 10 Jambi city, 3. For determine the effect of the use of social media Tiktok on academic procrastination of Phase F class students at SMA N 10 Jambi City. Research conducted by researchers using the approach quantitative with the ex post facto method, using collection techniques the data in the form of a questionnaire instrument was tested with validity and reliability tests. Data collected from 53 respondents determined by purposive technique sampling, then the research data is processed using percentage techniques and simple regression analysis. The research results show that in general the use of students' social media is at the "moderate" level with a percentage of 59.27%, and academic procrastination is at a "high" level with percentage of 68.13%. The coefficient of determination owned by variable X to variable Y that is equal to 0.462 with interpretation the influence of determination is in the criteria of "strong enough" or with percentage 46.2% Keywords: Academic Procrastination, Social Media, Tiktok

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Prokrastinasi Akademik, Media Sosial, Tiktok
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Akbir Wira Yudha
Date Deposited: 03 Jul 2023 06:53
Last Modified: 03 Jul 2023 06:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51285

Actions (login required)

View Item View Item