HANIFAH, ADINDA (2023) Pengembangan e-LKPD Interaktif pada Materi Termokimia Berbasis STEM-PjBL untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA N 2 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI ADINDA HANIFAH_A1C119103.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan dan pengesahan (1).pdf Download (73kB) |
Abstract
Hanifah, Adinda. 2023. Pengembangan e-LKPD Interaktif pada Materi Termokimia Berbasis STEM-PjBL untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di SMA N 2 Muaro Jambi: Skripsi, Jambi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Yusnaidar, S.Si., M.Si., (II) Muhammad Haris Effendi Hsb, S.Pd., M.Si., Ph.D. Kata kunci : e-LKPD, Termokimia, STEM-PjBL, Keterampilan Berpikir Kritis Termokimia adalah salah satu ilmu kimia yang mempelajari energi yang menyertai perubahan reaksi kimia. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan pada pembelajaran kimia adalah model STEM-PjBL. Model pembelajaran STEM-PjBL merupakan model pembelajaran yang memusatkan peserta didik dalam proses pembelajaran, peserta didik diberi peluang untuk mampu dan aktif dalam mengkontruksikan pembelajaran, menemukan konsep secara mandiri hingga menghasilkan produk yang mengintegrasikan aspek STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses pengembangan e-LKPD, menganalisis kelayakan e-LKPD pada materi termokimia berbasis STEM-PjBL secara konseptual, penilaian guru dan respons peserta didik terhadap e-LKPD pada materi termokimia berbasis STEM-PjBL. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMA N 2 Muaro Jambi pada Maret 2023. Produk hasil dari pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dinilai oleh guru untuk selanjutnya diuji cobakan satu satu dilanjutkan uji coba kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran serta analisis data kuantitatif diperoleh dari skor jawaban angket yang disebarkan. Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil validasi ahli materi dan ahli media diperoleh rerata skor 3 (layak) dan 3,2 (layak). Hasil penilaian guru diperoleh rerata skor 3,5 (sangat layak) dan respons peserta didik pada uji coba satu satu adalah 84,5% (sangat baik) serta pada uji kelompok kecil 85,2% (sangat baik). Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-LKPD interaktif pada materi termokimia berbasis STEM-PjBL untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa SMA N 2 Muaro Jambi memperoleh hasil layak secara konseptual, sangat layak secara praktis berdasarkan penilaian guru dan sangat baik berdasarkan respons pesserta didik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, e-LKPD interaktif, Termokimia, STEM-PjBL, Keterampilan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Hanifah |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 03:43 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 03:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51358 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |