Hubungan Tes Lisan Sebagai Alat Penilaian Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VII Di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi

Rizky Amalia, Tasya (2023) Hubungan Tes Lisan Sebagai Alat Penilaian Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VII Di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
(SKRIPSI) TASYA RIZKY AMALIA-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER SKRIPSI TASYA.pdf

Download (373kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (590kB)
[img] Text
ABSTRAK ACHA.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (612kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (450kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (128kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar hubungan tes lisan sebagai alat penilaian terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran bahasa Arab. Lokasi penelitian ini di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi, dengan respondennya yaitu siswa kelas VII yang berjumlah 53 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian yang telah diuraikan menunjukkan bahwa variabel tes nilai koefesien korelasi (R) antara variabel tes lisan (X) dan hasil belajar (Y) diperoleh sebesar 0,142 atau 14,2%. Dalam hal ini tingkat hubungan antara variabel tes lisan (X) dan hasil belajar (Y) memiliki hubungan yang “sedang”. Berdasarkan nilai signifikansinya diperoleh sebesar 0,311 > 0,005 yang artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tes lisan (X) dan hasil belajar (Y) pada mata pelajaran bahasa Arab. Dengan persamaan regresi linear sederhana yaitu adalah Y = 51,189 + 0,633 X. Dari hasil penelitian ini disarankan guru lebih memperhatikan siswa yang kurang dalam belajar bahasa Arab dan memilih metode pembelajaran yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Untuk siswa diharapkan lebih giat dalam belajar bahasa Arab, menumbuhkan semangat dan motivasi dalam belajar bahasa Arab Kata. kunci: tes lisan, hasil belajar, bahasa Arab

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: tes lisan, hasil belajar, bahasa Arab
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: AMALIA
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:12
Last Modified: 05 Jul 2023 03:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51392

Actions (login required)

View Item View Item