Silaban, Krisdayanti Firdayana Br (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN DIAGNOSTIK FIVE-TIER BERBASIS WEBSITE UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PADA MATERI OPTIKA GEOMETRI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKKK_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
cover22.pdf Download (28kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUA1.pdf Download (57kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (244kB) |
Abstract
ABSTRAK Silaban, Krisdayanti Firdayana. 2023. Pengembangan Instrumen Diagnostik Five-Tier Berbasis Website untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi pada Materi Optika Geometri: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pemebimbing: (I) Prof. Drs. Maison, M.Si., Ph.D., (II) Drs. M. Hidayat, M.Pd. Kata Kunci: Instrumen Diagnostik Five-Tier, Miskonsepsi, website, Optika Geometri. Instrumen diagnostik five-tier merupakan pengembangan dari instrumen diagnostik empat tingkat atau four-tier. Instrumen diagnostik five-tier memiliki tambahan tier yaitu jawaban terbuka yang dapat berupa gambar atau pernyataan untuk mengkonfirmasi jawaban. Pernyataan ini dapat mengetahui sumber penyebab miskonsepsi yang dialami peserta didik. Instrumen diagnostik five-tier dikembangkan menjadi berbasis website. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan dan mengetahui kelayakan terhadap instrumen diagnostik five-tier untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada materi optika geometri berbasis website. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Kota Jambi kelas XI MIA sebanyak 30 peserta didik. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket. Selanjutnya hasil angket dianalisis dengan secara kuantitatif dengan rumus persentase kelayakan serta di analisis secara kualitatif dari komentar dan saran ahli media dan repon pengguna. Proses pengembangan pada penelitian ini menggunakan Model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Namun pada penelitian hanya sebatas tahap Development sesuai dengan tujuan penilitian ini dilakukan. Validasi produk dilakukan oleh Dosen Pendidikan Fisika. Validasi terdiri atas validasi ahli media, validasi ahli asessment, validasi praktisi Instrumen diagnostik five-tier berbasis website dapat diakses melalui alamat berikut: https://figot.creative-ku.com/. Berdasarkan hasil validasi akhir yang dilakukan validator ahli media I diperoleh persentase kelayakan sebesar 80% dengan kategori “Sangat Layak”, sedangkan Validator ahli media II persentase kelayakan sebesar 80% dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkan hasil uji coba atau respon pengguna yang dilakukan oleh 25 peserta didik kelas XI MIA MAN 2 Kota Jambi adalah 80,9% tergolong dalam kategori “Sangat Layak”. Dapat disimpulkan bahwa instrumen diagnostik five-tier berbasis website dapat mengidentifikasi miskonsepsi pada materi optika geometri. Selain itu proses penilaian sangat cepat dan akurat. Output yang dihasilkan dapat mengetahui tingkat pemahaman masing-masing peserta didik. Namun instrumen ini hanya dapat mengidentifikasi miskonsepsi pada materi optika geometri
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | SILABAN |
Date Deposited: | 04 Jul 2023 07:36 |
Last Modified: | 04 Jul 2023 07:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51423 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |