Simamora, Rini (2023) Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik dan Hubungannya dengan Miskonsepsi pada Materi Fluida Statis. S1 thesis, Pendidikan Fisika.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL RINI SIMAMORA (A1C319067).pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (557kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (60kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana deskripsi kemampuan pemecahan masalah dan miskonsepsi pada materi fluida statis serta mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah dan miskonsepsi pada materi fluida statis di SMAN 7 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Penelitian dilakukan di SMAN 7 Kota Jambi pada Maret 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIPA dan sampel penelitian ini merupakan seluruh kelas XII MIPA berjumlah 72 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan intrumen kemampuan pemecahan masalah dan instrumen miskonsepsi five tier diagnostic test kepada peserta didik kelas XII MIPA yang terdapat di SMAN 7 Kota Jambi. Setelah data penelitian diperoleh maka dilakukan analisis data yaitu uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki oleh peserta didik tergolong dalam kategori sedang dengan persentase rata�rata sebesar 45,85%. Tingkat miskonsepsi peserta didik pada materi fluida statis termasuk dalam kategori sedang dengan persentase rata-rata sebesar 44,82%. Miskonsepsi yang dialami oleh peserta didik kebanyakan bersumber dari pemikiran sendiri yaitu persentase rata-ratanya sebesar 68,7%. Berdasarkan uji korelasi pearson product moment diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 dengan nilai korelasinya (r) sebesar -0,434. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan pemecahan masalah dan miskonsepsi pada materi fluida statis. Kemampuan pemecahan masalah dan miskonsepsi memiliki korelasi negatif. Karena
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Simamora |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 02:49 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 02:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51452 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |