puspita, galuh (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) sebagai Media Alternatif Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi Repository.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
Persetujuan dan pengesahan.pdf Download (535kB) |
![]() |
Text
abstrak_.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB 1_.pdf Download (407kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
daftar Rujukan.pdf Download (318kB) |
Abstract
Puspita, Galuh. 2023. Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) sebagai Media Alternatif Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis: Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Haerul Pathoni, S,Pd., M.PFis. Pembimbing (II) Alrizal, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Pengembangan, Video Pembelajaran, STEM Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah bahan ajar yang tersedia masih minim yang dapat digunakan oleh pendidik di SMA Negeri 11 Muaro Jambi khususnya pada materi fluida statis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran fisika dalam bentuk video pembelajaran berbasis pendekatan STEM (Science,Technology, Engineering and Mathematics) pada materi fluida statis. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei-Juni 2023. Penelitian ini merupakan Research and Development atau penelitian pengembangan dengan menggunnakan model pengembangan 4D yang memiliki empat tahap yaitu Define, Design, Development and Disseminate. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan IPA 2 yang berjumlah 60 orang di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Metode pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli materi dan media, angket respon siswa dan hasil wawancara guru. Teknik analisis penyajian data diperoleh dari data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari saran ahli materi dan ahli media, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil penyebaran angket respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk video pembelajaran yang dikembangkan telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta telah disebarkan angket angket respon siswa untuk melihat keefektifan video pembelajaran yang dikembangkan. Adapun hasil validasi ahli media didapatkan skor rata-rata 92% dan hasil validasi ahli materi didapatkan skor rata-rata 97%. Hasil validasi ahli materi dan ahli media berada pada kategori sangat layak atau dapat digunakan tanpa revisi. Lalu, hasil penyebaran angket respon siswa memperoleh skor rata-rata 84% dan berada pada kategori sangat efektif. Kesimpulan yang didapatkan pada penelitian ini yaitu dihasilkan video pembelajaran berbasis pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) sebagai media alternatif belajar siswa pada materi fluida statis yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada proses pembelajaran fisika.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | PUSPITA |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 03:09 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 03:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51465 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |