Siregar, Annisa Rahmawati (2023) Pengaruh Penerapan Model SiMaYang Tipe-II terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Larutan Asam Basa. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (417kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Indonesia menjadi salah satu negara yang terkena dampak covid-19 salah satunya dalam bidang pendidikan. Dimana selama hampir 3 tahun siswa sekolah melakukan proses pembelajaran secara daring dimana siswa melakukan pembelajaran dirumah menggunakan media smarthphone dan internet. Namun untuk saat ini pembelajaran tatap muka disekolah telah dilaksanakan kembali sehingga siswa datang kesekolah seperti biasa untuk mengikuti proses pembelajaran. Namun hal ini juga mengakibatkan kurangnya minat belajar siswa serta rendahnya kemampuan berpikir kritis pada siswa Adapun model pembelajaran yang dapat menjadi solusi atas permasalahan ini yaitu model pembelajaran SiMaYang Tipe-II yang mana model ini menggunakan Interkoneksi Multipel Representasi (IMR) merupakan pembelajaran yang menghubungkan ketiga tingkat representasi Kimia, yaitu tingkat makroskopik, tingkat mikroskopik, dan tingkat simbolik. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model SiMaYang Tipe-II terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan asam basa yang dilaksanakan si SMA Negeri 6 Jambi Jenis pada penelitian ini yaitu penelitian Quasi-Esksperimentaldengan bentuk desain penelitian yakni Non Equivalent Control Group Design. Pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan guru sehari-hari (Discovery Learning) sedangkan pada kelas eksperimen menggunakan model SiMaYang Tipe-II. Intsrumen yang digunakan selama penelitian yaitu lembar observasi siswa, lembar observasi guru, lembar wawancara dan juga lembar tes esai. Untuk uji hipotesis yang digunakan yaitu menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh hasil yaitu kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran SiMaYang Tipe-II pada materi asam bas. Pada aspek memberi penjelasan sederhana diperoleh nilai persentase sebesae 67,59% pada aspek membangun keterampilan dasar sebesar 59,03%, pada aspek menyimpulkan sebesar 87,96%, pada aspek mengatuk strategi dan taktik sebesar 55,09% dan pada aspek memberika penjelasan lanjut sebesar 33,33%. Adapun hasil posttest siswa diperoleh bahwa thitung> ttabel yaitu 2,2134 > 1,6669 dengan α = 5% yang mana berdasarkan hasil uji t tersebut dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh pada penerapan model SiMaYang-Tipe II terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi asam basa di SMA Negeri 6 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SiMaYang Tipe-II , Berpikir Kritis, Asam Basa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | SIREGAR |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 07:17 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 07:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51717 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |