Apriliya, Adinda Zahra (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TSTS DAN ARGUMENTATIVE-TSTS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
HAL PERSETUJUAN,HAL PENGESAHAN.pdf Download (368kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (340kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (344kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (347kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Apriliya,AdindaZahra.2023,“Efektivitas Model Pembelajaran TSTS Dan Argumentative-TSTS Dalam Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA”.Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi.Pembimbing: (1) Muhammad Haris Effendi Hsb, S.Pd., M.Si., Ph.D, (2) Dr.Dra.Zurweni,M.Si.Salah satu upaya peningkatan kualitas pembelajaran yaitu dengan peningkatan relevansi model mengajar. Oleh karna itu, perlunya upaya untuk dapat menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa dengan model yang relevan, salah satu alternatifnya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Argumentative-TSTS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan model pembelajaran TSTS dan Argumentative-TSTS dalam meningkatkan kemampuan argumentasi siswa pada materi larutan penyangga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (mix method) dengan jenis model triangulasi konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan proposive sampling yaitu kelas XI IPA 1.Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi berupa field notes (analisis kualitatif) yang berisikan aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari kelas Argumentative-TSTS adalah 80,64. Dengan diperoleh nilai uji N-gain pada kelas Argumentative-TSTS sebesar 0,76 dengan kategori tinggi dan pada kelas TSTS sebesar 0,68 dengan kategori sedang. Pelaksanaan model Argumentative-TSTS mempunyai pengaruh terhadap kemampuan argumentasi (dengan uji tindependen = 0,000 maka Ha diterima) pada materi larutan penyangga dikelas XI IPA. Maka dapat disimpulkan bahwa kelas yang menggunakan model pembelajaran Argumentative-TSTS lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan argumentasi dibandingkan siswa yang belajar menggunakan TSTS pada materi larutan penyangga di SMA Negeri 2 kota jambi. Kata Kunci: kemampuan Argumentasi, TSTS, Argumentative-TSTS, Larutan Penyangga.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan Argumentasi, TSTS, Argumentative-TSTS, Larutan Penyangga. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Apriliya |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 06:36 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 06:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51855 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |