Sau, Tenri (2023) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 6 TANJUNG JABUNG TIMUR. S2 thesis, Magister Pendidikan Ekonomi.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
Tesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Lembar Persetujuan20230709_00532618.pdf Download (45kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (53kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (428kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (668kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (569kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (601kB) |
Abstract
ABSTRAK Tenri Sau, 2023. Penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw dan Problem Solving terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 6 Tanjung Jabung Timur. Pembimbing (I) Prof. Dr. Drs. Ekawarna, M.Psi (II) Dr. Siti Syuhada, S.Pd.,M.E Kata Kunci: Model Pembelajaran Jigsaw, Problem Solving, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Penelitian bertujuan: Untuk mengetahui Penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw dan Problem Solving terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Tanjung Jabung Timur Penelitian ini termasuk dalam penelitian Kuantitatif metode pendekatan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMA Negeri 6 Tanjung Jabung Timur dengan populasi berjumlah 95 orang dan sampel penelitian 63 orang. Tehnik pengambilan sampel purposive sampling. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data skunder. Tehnik pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS dengan metode analisis Statistik inferensial terhadap variabel hasil penelitian. Hasil Penelitian dari motivasi siswa yang di peroleh pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre test 71,53 dan pos test 90. Sedangkan pada kelas kontrol motivasi siswa di peroleh nilai rata-rata pre test 64,74 dan pos test 86,51. Hasil belajar siswa yang di peroleh pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre test 47,89 dan pos test 91,61 sedangkan pada kelas kontrol hasil belajar siswa di peroleh nilai rata-rata pre test 40,90 dan pos test 79,52. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh secara signifikan model pembelajaran jigsaw terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. (2) terdapat pengaruh secara signifikan model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. (3) terdapat pengaruh secara signifikan model pembelajaran problem solving terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (4) terdapat pengaruh secara signifikan model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | sau |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 08:35 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 08:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52286 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |