ANALISIS KEMAMPUAN SISWA KELAS III DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Willenda, Zilvira (2023) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA KELAS III DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI ZILVIRA WILLENDA (A1D119070).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (665kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (331kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Willenda, Zilvira. 2023. Analisis Kemampuan Siswa Kelas III dalam Menyelesaikan Soal Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia. Pembimbing I Dr. Eko Kuntarto, M. Pd. M.Comp.Eng. Pembimbing II Violita Zahyuni, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci : Kemampuan Siswa, Soal HOTS, Bahasa Indonesia Higher Order Thinking Skills atau yang biasa disingkat dengan HOTS adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Guru merupakan kunci penting dalam keberhasilan memperbaiki mutu pendidikan. Salah satu ciri dari mutu pendidikan yang baik adalah terciptanya proses pembelajaran yang baik pula, yaitu mulai dari perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi. Peningkatan kualitas peserta didik salah satunya dilakukan melalui peningkatan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas III di SD Negeri 116/IV Kota Jambi dalam menyelesaikan soal berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada tema 7 Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia dan mengetahui kesesuaian Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia pada kelas III di SD Negeri 116/IV Kota Jambi dengan kriteria HOTS. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini didapati bahwa Kemampuan siswa kelas III di SD Negeri 116/IV Kota Jambi dalam menyelesaikan soal berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada ranah kognitif tingkat mengaplikasikan (C3) dengan kategori rendah, ranah kognitif tingkat menganalisis (C4) dengan kategori sedang dan ranah kognitif tingkat mengevaluasi (C5) dengan kategori sedang dan soal Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia kelas III di SD Negeri 116/IV Kota Jambi sudah sesuai dengan kriteria HOTS. Dari penelitian ini disarankan bagi kepala sekolah dan guru diharapkan bisa menjadi pedoman dalam pembuatan soal berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) guna untuk melatih kemampuan berfikir tingkat tinggi pada peserta didik serta diharapkan kepala sekolah bisa memberikan fasilitas bagi guru dan peserta didik.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Siswa, Soal HOTS, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Willenda
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:13
Last Modified: 13 Jul 2023 02:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52608

Actions (login required)

View Item View Item