PENERAPAN MEDIA GAMBAR STORYBOARD DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS IX SMPIT NURUL ILMI JAMBI

CHOIRUNNISA, CHOIRUNNISA (2023) PENERAPAN MEDIA GAMBAR STORYBOARD DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS IX SMPIT NURUL ILMI JAMBI. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text (Penerapan Media Gambar Storyboard dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX SMPIT Nurul Ilmi Jambi)
HALAMAN JUDUL COVER.pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text (Penerapan Media Gambar Storyboard dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX SMPIT Nurul Ilmi Jambi)
Lembar persetujuan..pdf - Published Version

Download (549kB)
[img] Text (Penerapan Media Gambar Storyboard dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX SMPIT Nurul Ilmi Jambi)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (299kB)
[img] Text (Penerapan Media Gambar Storyboard dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX SMPIT Nurul Ilmi Jambi)
BAB I.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text (Penerapan Media Gambar Storyboard dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX SMPIT Nurul Ilmi Jambi)
BAB V.pdf - Published Version

Download (18kB)
[img] Text (Penerapan Media Gambar Storyboard dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX SMPIT Nurul Ilmi Jambi)
TESIS CHOIRUNNISA FULL.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Penerapan Media Gambar Storyboard dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX SMPIT Nurul Ilmi Jambi)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (355kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Choirunnisa, 2023 “Penerapan Media Gambar Storyboard dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX SMPIT Nurul Ilmi Jambi.” Tesis. Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Univeritas Jambi. Pembimbing (1) Dr. Drs. Herman Budiyono, M.Pd., Pembimbing (2) Dr. Drs. Ade Kusmana, M.Hum. Kata Kunci: Media Gambar, Storyboard, Menulis Cerpen Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan media gambar storyboard dan hasil pembelajaran menulis cerita pendek menggunakan media gambar storyboard pada siswa kelas IX D SMPIT Nurul Ilmi Jambi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes menulis cerita pendek berdasarkan indikator penilaian seperti kelengkapan aspek unsur dan struktur dari cerpen, penggunaan tanda baca dan ejaan yang benar, dan pedoman wawancara. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dengan menerapkan 2 siklus dalam prosesnya. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang memaparkan setiap proses dan hasil yang dilaksanakan dalam penelitian. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dan sumber datanya adalah hasil kerja siswa kelas IX SMPIT Nurul Ilmi Jambi yang berjumlah sebanyak 29 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menulis cerita pendek siswa kelas IX pada siklus I dengan penerapan media gambar storyboard yang dibuat sendiri oleh guru yaitu dengan persentase aktivitas siswa pada ranah KB (Kurang Baik) sebanyak 24%, CB (Cukup Baik) sebanyak 41%, B (Baik) sebanyak 25%, dan SB (Sangat Baik) sebanyak 3%. Hasil menulis cerita pendek menggunakan media gambar storyboard pada siklus I yaitu 72,0 dengan kategori kurang baik. Sementara ketuntasan siswa disekolah adalah 80. Kemudian dilakukan perbaikan proses pembelajaran siklus II dengan penerapan media gambar storyboard yang dibuat langsung oleh siswa sesuai dengan pengalaman pribadi yaitu dengan persentase aktivitas siswa pada ranah KB (Kurang Baik) sebanyak 0%, CB (Cukup Baik) sebanyak 10%, B (Baik) sebanyak 37%, dan SB (Sangat Baik) sebanyak 51%. Simpulan dari penelitian ini pada siklus II proses pembelajaran siswa meningkat yang dibuktikan dengan siswa aktif bertanya, aktif memberikan pendapat, mudah menuangkan ide, karena media gambar yang dibuat sendiri oleh siswa lebih menarik, dan hasil pembelajaran menulis cerita pendek menggunakan media gambar storyboard pada siklus II yaitu 88,9 dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada keseluruhan aspek yang dinilai. Berdasarkan hasil penelitian dan simpulan tersebut, disarankan kepada siswa yang masih memiliki nilai dibawah rata-rata agar lebih sering berlatih menulis, baik dirumah atau pun diluar sekolah. Saran untuk guru diharapkan agar lebih memperhatikan penggunaan media yang menarik, agar siswa lebih terampil dalam menulis, dan antusias mengikuti pembelajaran.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Media Gambar, Storyboard, Menulis Cerpen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Choirunnisa
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:31
Last Modified: 13 Jul 2023 04:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52742

Actions (login required)

View Item View Item