Priyanita, Renzi (2023) Pengaruh Penggunaan Pendekatan MIKiR terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER ASLI.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PENGESAHAN.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
BAB V..pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAK1.pdf Download (172kB) |
Abstract
Abstrak Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiah (MTS) terfokus pada pembelajaran berbasis teks, salah satu teksnya adalah teks berita. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui keterampilan menulis teks berita menggunakan pendekatan MIKiR (Mengalami, Interaksi, Komunikasi, dan Refleksi) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 7 Muaro Jambi pada Semester Genap tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan yaitu mixed method dengan desain the explanatory sequential design. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi dengan sampel yang diteliti yaitu siswa kelas VIII B berjumlah 32 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran keterampilan menulis teks berita menggunakan pendekatan MIKiR sangat memberi peningkatan terhadap hasil nilai siswa, terutama pada KD 3.2 dan KD 4.2. dimana terjadi peningkatan nilai rata-rata untuk pretest sebesar 52 dan posttest sebesar 70. Dengan adanya hasil tersebut peneliti dapat mengetahui perubahan keterampilan menulis teks berita pada saat diberikan perlakuan dengan tidak diberikan perlakuan menggunakan Pendekatan MIKiR. Adapun hasil uji hipotesis dengan menggunakan software SPSS versi 26, diperoleh nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil menulis yang signifikan pada keterampilan menulis teks berita menggunakan pendekatan MIKiR pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Dengan hasil tersebut menunjukkan bahwa adanya pengaruh penggunaan pendekatan MIKiR terhadap keterampilan menulis teks berita siswa. Selain itu, pendekatan MIKiR juga membantu siswa dalam melaksanakan pembelajaran karena siswa berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Dari hasil penelitian, guru disarankan agar menggunakan strategi pembelajaran yang memungkinkan siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran dan disarankan memilih metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi pembelajaran, waktu, dan aspek lain yang terdapat dalam proses pembelajaran. Selain itu, peneliti selanjutnya juga disarankan dapat menerapkan pendekatan MIKiR untuk penelitian pada jenis teks lainnya dan diharapkan dapat mengkombinasikan pendekatan MIKiR dengan model pembelajaran lainnya. Kata Kunci: Keterampilan menulis, teks berita, Pendekatan MIKiR Abstract Learning Indonesian in the 2013 Curriculum for Junior High Schools (SMP) and Madrasah Tsanawiah (MTS) focuses on text-based learning, one of the texts is news text. The purpose of this study was to determine the skills of writing news texts using the MIKiR approach (Experience, Interaction, Communication, and Reflection) in class VIII students of SMP Negeri 7 Muaro Jambi. The research was conducted at SMP Negeri 7 Muaro Jambi in the Even Semester of the 2023/2024 academic year. The type of research used is a mixed method with the explanatory sequential design. The population in this study were all students of class VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi with the sample studied, namely students in class VIII B totaling 32 people using a purposive sampling technique. The results showed that the students' activities in participating in learning news text writing skills using the MIKiR approach greatly increased the results of student scores, especially in KD 3.2 and KD 4.2. where there was an increase in the average score for the pretest by 52 and for the posttest by 70. With these results the researcher could find out changes in news text writing skills when given treatment with no treatment using the MIKiR Approach. The results of hypothesis testing using SPSS software version 26, obtained a sig value of 0.000 <0.05 so it can be concluded that there are significant differences in writing results in news text writing skills using the MIKiR approach in class VIII students at SMP Negeri 7 Muaro Jambi. These results indicate that there is an effect of using the MIKiR approach on students' news writing skills. In addition, the MIKiR approach also assists students in carrying out learning because students play an active role in learning activities. From the research results, teachers are advised to use learning strategies that allow students to play an active role in the learning process and are advised to choose appropriate learning methods and in accordance with learning materials, time, and other aspects contained in the learning process. In addition, future researchers are also advised to apply the MIKiR approach to research on other types of texts and are expected to be able to combine the MIKiR approach with other learning models. Keywords: Writing skills, news text, MIKiR Approach
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan menulis, teks berita, Pendekatan MIKiR |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Priyanita |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 03:35 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 03:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52887 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |