KHOWARIRA, KHOWARIRA (2023) Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dengan Gaya Kognitif Impulsif Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas VIII SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI KHOWARIRA.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
halaman judul.pdf Download (404kB) |
![]() |
Text
halaman persetujuan dan pengesahan.pdf Download (657kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (399kB) |
Abstract
ABSTRAK Khowarira. 2023. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dengan Gaya Kognitif Impulsif dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP. Skripsi. Pendidikan Matematika, Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Uuniversitas Jambi. Pembimbing (I) Dra. Dewi Iriani, M.Pd (II) Drs. Wardi Syafmen, M.Si. Kata Kunci :Representasi Matematis, Gaya Kognitif Impulsif, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Latar belakang pada penelitian ini ditemukan rendahnya kemampuan representasi matematis siswa. Untuk itu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk menganalisis kemampuan representasi matematis siswa dengan gaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan soal matematika bentuk cerita pada materi persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik yang digunakan adalah soal tes dan wawancara, tes dan wawancara digunakan untuk mengetahui proses kemampuan representasi matematis siswa dengan gaya kognitif impulsif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 9 Kota Jambi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini terdiri 3 orang siswa yaitu 1 siswa yang memiliki kemampuan rendah, 1 siswa yang memiliki kemampuan sedang, dan 1 siswa yang memiliki kemampuan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif impulsif pada siswa kemampuan rendah (SKR) tidah memenuhi tahapan pada kemampuan representasi matematis dan siswa kemampuan sedang (SKS) hanya dapat memenuhi tahapan representasi matematis yaitu representasi visual dan belum sepenuhnya mampu pada tahapan representasi ekspresi dan representasi verbal. Siswa kemampuan rendah (SKR) dan siswa kemampuan sedang (SKS) yang memiliki gaya kognitif impulsif, memberikan reaksi yang cepat terhadap masalah yang diterimanya, tanpa perenungan yang mendalam, karena hanya memerlukan waktu yang relatif singkat untuk memberikan respon atau reaksi, akibatnya kecermatan dan ketepatan responnya cenderung kurang. Sedangkan Terlihat bahwa siswa dengan gaya kognitif impulsif yaitu tidak terdapat pada siswa kemampuan tinggi (SKT) dikarenakan siswa kemampuan tinggi (SKT) dapat memenuhi tahapan representasi matematis yaitu representasi visual, representasi ekspresi, dan representasi verbal. Siswa kemampuan tinggi (SKT) membutuhkan waktu yang lama dalam menjawab soal dan teliti sehingga jawaban yang diberikan cenderung benar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Representasi Matematis, Gaya Kognitif Impulsif, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | KHOWARIRA |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 07:24 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 07:24 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52947 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |