STUDI KOMPARATIF KOMPETENSI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN LISTRIK DINAMIS MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE (PHET SIMULASI) DAN MEDIA OFFLINE (KIT IPA) DI SMP

NIKMAH, FIRDA (2023) STUDI KOMPARATIF KOMPETENSI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN LISTRIK DINAMIS MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE (PHET SIMULASI) DAN MEDIA OFFLINE (KIT IPA) DI SMP. S2 thesis, Pendidikan IPA.

[img] Text
TESIS FIRDA NIKMAH LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (211kB)
[img] Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (414kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara media online (PhET simulasi dan media offline (KIT IPA) di SMP. Penelitian ini dilakukan di SMPN 17 Tanjung Jabung Timur pada Januari – Maret 2023. Desain penelitian yang digunakan adalah mixed method dengan rancangan sequential explanatory. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan total sampel sebanyak 62 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan wawancara. Tes dilakukan untuk mengetahui kondisi peserta didik sebelum dan sesudah menerima treatement. Ada dua instrumen tes yang digunakan, yaitu pretest dan posttest. Observasi dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut tentang subjek penelitian. Sedangkan wawancara, untuk memperdalam pengetahuan data kuantitatif. Perlakuan yang diberikan kepada Kelas Eksperimen 1 adalah pembelajaran menggunakan KIT IPA yang didapatkan hasil rata-rata nilai pretest sebesar 33,60 dan posttest rata-rata mendapatkan nilai 59,20 sedangkan Kelas Eksperimen 2 dengan menggunakan Simulasi PhET mendapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 39,65 sedangkan nilai posttest sebesar 74,83. Terdapat perbedaan rata-rata antara Kelas Eksperimen 1 dan Kelas Eksperimen 2 setelah dilakukan Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil observasi dilapangan menunjukkan bahwa peserta didik lebih aktif menggunakan PhET simulasi dibandingkan saat menggunakan KIT IPA, selain itu juga terdapat kendala berupa kerusakan alat akibat KIT tidak terawat sehingga kemampuan peserta didik untuk berekploasi menjadi terbatas. Berdasarkan hasil wawancara, didapatkan hasil bahwa peserta didik lebih memahami pembelajaran listrik dinamis menggunakan PhET dibandingkan menggunakan KIT IPA, karena konsep abstrak yang ada pada materi listrik dinamis lebih terlihat jelas saat menggunakan PhET simulasi. Kesimpulan pada penelitian ini, media simulasi PhET lebih baik dibandingkan KIT IPA dalam meningkatkan kompetensi kognitif dan kompetensi psikomotor peserta didik terutama dalam materi listrik dinamis Kata Kunci: Kompetensi kognitif, kompetensi psikomotor, PhET Simulasi, KIT IPA

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: NIKMAH
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:42
Last Modified: 13 Jun 2024 14:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/53143

Actions (login required)

View Item View Item