KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 14 BATANGHARI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

RAHMATULLAH, BENNY KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 14 BATANGHARI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. JURNAL KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 14 BATANGHARI TAHUN PELAJARAN 2017/2018.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (250kB)

Abstract

ABSTRAK Rahmatullah, Benny. 2018. Kemampuan Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 14 Batanghari Tahun Pelajaran 2017/2018.Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Dr. Herman Budiyono, M. Pd, Pembimbing (II) Drs. Aripudin, M. Hum Kata kunci : kemampuan, menulis, teks ulasan Penelitian yang berjudul Kemampuan Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 14 Batanghari Tahun Pelajaran2017/2018 bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII A SMP Negeri 14 Batanghari tahun pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 24 siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes unjuk kerja yang berupa tes menulis teks ulasan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan teknik dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VIII A SMP Negeri 14 batanghari masih banyak yang tidak mampu menulis teks ulasan dengan menerapkan aspek orientasi, sinopsis, analisi dan evaluasi. Hal ini terjadi karena siswa kurang pemahaman tentang materi ulasan. Pada saat proses pembelajaran guru menggunakan metode konvensional dan kurang materi pembelajaran sehingga siswa pasif karena referensi belajar siswa masih sedikit. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan simpulan dari penelitian ini adalah kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII A SMP Negeri 14 batanghari berkualitas cukup mampu dengan nilai rata-rata 63,5. Nilai tersebut diperoleh dari empat aspek, yaitu aspek orientasi, aspek sinopsis, aspek analisis dan aspek evaluasi.Kemampuan siswa dalam menerapkan aspek orientasi memperoleh nilai rata-rata 3 dengan persentase 75 %, aspek sinopsis memperoleh nilai rata-rata 3,13 dengan persentase 78,25 %, aspek analisis memperoleh nilai 1,75 dengan persentase 43,75 % dan aspek evaluasi memperoleh nilai 2,29 dengan persentase 57,25 %. Dari hasil penelitian ini disarankan agar siswa dapat meningkatkan kemampuan menulis teks ulasan.Namun, untuk aspek analisis dan evaluasi diharapkan kepada guru agar lebih intensif dalam mengajarkannya karena aspek tersebut lebih sulit dibandingkan dengan aspek orientasi dan sinopsis.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: BENNY RAHMATULLAH
Date Deposited: 20 Sep 2018 01:58
Last Modified: 20 Sep 2018 01:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5315

Actions (login required)

View Item View Item