Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Menanamkan Karakter Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini di TK Islam Terpadu Al-Azka Kota Jambi

Mila Oktaviera, Mutiara (2023) Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Menanamkan Karakter Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini di TK Islam Terpadu Al-Azka Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL_MUTIARA MILA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (40kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Oktaviera, Mutiara Mila. 2023. Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Menanamkan Karakter Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini di TK Islam Terpadu Al-Azka Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Drs. Haryanto, M.Kes., (2) Masyunita Siregar, M.Pd., Kata Kunci : Implementasi, Metode Pembiasaan, Karakter Tanggung Jawab Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai implementasi metode pembiasaan dalam menanamkan karakter tanggung jawab pada anak usia dini di TK Islam Terpadu Al-Azka Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di TK Islam Terpadu Al-Azka Kota Jambi pada bulan Mei 2023. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi langsung ke lapangan, melakukan wawancara kepada guru kelas kelompok B2, serta dokumentasi. Penelitiaan ini menggunkan metode kualitatif deskriptif, oleh karena itu setelah data diperoleh data dialysis berdasarkan fakta yang didapatkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru di TK Islam Terpadu Al-Azka Kota Jambi mengimplementasikan metode pembiasaan dengan melalui pembiasaan rutin, pembiasaan keteladanan, dan pembiasaan spontan. Guru mengimplementasikan metode pembiasaan baik kepada anak secara berulang dan terus-menerus sehingga pembiasaan dalam menanamkan karakter tanggung jawab pada anak dapat ternanam didalam diri anak. Dari hasil penelitian ini disarankan agar Guru sebagai dasar kualitas peserta didik, perlu harus melakukan dan memberikan contoh nilai-nilai kebaikan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, guru harus terus berupaya untuk mendukung keberhasilan program pendidikan karakter tanggung jawab anak dengan tetap menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua anak dan anak itu sendiri, mengontrol karakter anak, serta menyediakan waktu untuk mengatasi masalah yang mungkin terjadi terkait dengan karakter dan perilaku anak yang tidak sesuai dengan aturan yang diharapkan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Pembiasaan, Karakter Tanggung Jawab
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: RA
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:07
Last Modified: 26 Jul 2023 07:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/53507

Actions (login required)

View Item View Item