Ardhana, Dewi Citra (2023) Efektivitas Penggunaan Media Digital Storytelling Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan, Pengesahan, Pernyataan.pdf Download (581kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (355kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (296kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas media digital storytelling terhadap kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 19 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu. Subjek penelitian ini pada siswa kelas VII A (kelas eksperimen) dan kelas VII B (kelas kontrol) di SMP Negeri 19 Muaro Jambi. Data diperoleh dari hasil pretest dan posttest. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan tes tertulis kepada siswa serta melakukan dokumentasi saat penelitian. Setelah data dikerjakan, data akan dianalisis secara kuantitatif dengan bantuan program apliksi SPSS 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk data pretest kelas eksperimen memperoleh jumlah rata-rata nilai (46,61) dan data pretest kelas kontrol memperoleh jumlah rata-rata nilai (66,96). Kemudian, pada data posttest kelas eksperimen memperoleh jumlah rata-rata nilai (71,74) dan data posttest kelas kontrol memperoleh jumlah rata-rata nilai (58,26). Setelah itu, dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t, maka diperoleh nilai thitung = 4.161 sedangkan ttabel = 3,239. Kriteria pengujiannya jika thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi terdapat efektivitas penggunaan media Digital Storytelling terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 19 Muaro Jambi pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Dari kesimpulan hasil penelitian ini bahwa terdapat efektivitas yang signifikan terhadap media Digital Storytelling dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 19 Muaro Jambi. Maka dapat disarankan kepada guru untuk menggunakan media Digital Storytelling pada proses pembelajaran terutama dalam menulis teks deskripsi. Tujuannya untuk dapat memberikan kemudahan siswa dan guru dalam belajar mengajar, supaya meningkatkan minat belajar siswa serta memotivasi siswa untuk aktif di kelas. Dikarenakan jika hanya memanfaatkan media sederhana berupa buku teks secara terus-menerus akan dapat menimbulkan kebosanan pada diri siswa. Kemudian media Digital Storytelling ini untuk mempermudah dalam penyampaian isi cerita kepada siswa serta lebih mudah, praktis, dan dapat menstimulus daya kreatif maupun kritis pada anak.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas media digital storytelling, kemampuan menulis teks deskripsi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Ardhana |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 07:56 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 07:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/53630 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |