Mustaqiim, Tri Insan (2023) Pengembangan Aplikasi Interaktif Berbasis Auto chat Sebagai Media Pembelajaran Materi Getaran, Gelombang, Dan Bunyi Untuk Siswa Kelas 8. S2 thesis, Magister Pendidikan IPA.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
Pengesahan.pdf Download (497kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (72kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (57kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (28kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
Insan Full Tesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Dampak pandemi Covid 19 memberikan motivasi untuk merancang pembelajaran secara daring agar tetap memenuhi SNP. Meskipun pendemi telah berakhir perancangan pembejaran daring tetap sering dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu programer maupun pendidik untuk merancang pembelajaran dengan inovasi baru berupa Auto chat pada media sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Hannafin dan Peck dengan pengumpulan data, observasi, serta studi literatur. Metode Hanafin dan Peck terdiri dari tiga langkah utama yaitu analisis kebutuhan, analisis desain dan terakhir adalah implementasi dengan masing-masing tahap memiliki evaluasi dan revisi. Analisis kebutuhan diperoleh dari studi literatur, obeservasi, dan data hasil angket maupun soal yang diberikan. Pada tahap pre test peserta didik memperoleh hasil yang rendah begitu pula dengan angket minat menunjukkan hasil yang rendah. Pada tahap selanjutnya adalah mendesain aplikasi Auto chat, aplikasi ini dapat diintegrasikan dengan whatsapp dan telegram. Pengguna whatsapp dalam pembelajaran memang sudah populer sehingga perlu adanya inovasi dengan penambahan auto chat. Aplikasi juga dirancang dengan inovasi tambahan berupa teka-teki silang. Proses validasi ahli materi dan ahli media dilakukan dua tahap. Hasil validasi keduanya menunjukkan hasil yang sangat baik untuk materi 95,83% dan untuk media 95%. Tahap berikutnya diuji coba kelompok kecil sebanyak dua kali pada uji coba awal memperoleh skor 81,95% dengan kriteria sangat baik dan uji coba selanjutnya memperoleh skor 86,10% dengan kriteria sangat baik. Uji coba juga dilakukan terhadap guru sehingga memperoleh skor 81,54% dengan kategori sangat baik. Pada tahap selanjutnya media diujicobakan kelompok yang lebih besar menunjukkan hasil skor 79,8 dalam kategori baik. Uji nilai reabillitas angket cukup tinggi yaitu 0,925 dengan r_t=0.549 yaitu r_hitung>r_tabel.. Perolehan data minat belajar setelah dilakukan uji coba aplikasi Auto chat lebih tinggi dibandingkan skor minat awal. Perbandingan skor Item Minat meliputi perasaan senang 26,73%, perhatian 25,66%, dan ketertarikan 30,95%. Adapun hasil belarar skor awal rata-rata 42,86 dan skor akhir 75,24.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MUSTAQIIM |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 07:42 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 07:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/53635 |
Available Versions of this Item
-
Pengembangan Aplikasi Interaktif Berbasis Auto chat Sebagai Media Pembelajaran Materi Getaran, Gelombang, Dan Bunyi Untuk Siswa Kelas 8. (deposited UNSPECIFIED)
- Pengembangan Aplikasi Interaktif Berbasis Auto chat Sebagai Media Pembelajaran Materi Getaran, Gelombang, Dan Bunyi Untuk Siswa Kelas 8. (deposited 17 Jul 2023 07:42) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |